07 April 2021, 14:25 WIB

Terjunkan 442 Personel, 1.005 Gardu Listrik Kembali Nyala di NTT


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

DUA hari pascabadai Seroja yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten dan Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur hingga pukul 12.00 WITA, PLN mengaku berhasil memperbaiki 1.005 gardu dan kembali menyalurkan aliran listrik kepada lebih dari 142 ribu pelanggan.

"Kami kerahkan 442 personel yang kami sebar demi percepatan pemulihan kelistrikan," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko dalam keterangannya, Rabu (4/7).

Pihaknya menyampaikan beberapa wilayah yang sudah menyala listriknya ialah di Oepoi, Cak Doko dan sebagian BTN Kolhua, Kabupaten Sumba Barat, Sumba Jaya, Ende, Ngada, Sikka, Flores Timur. Lalu, bertahap pulih di Kabupaten Lembata, Sumba Timur.

Namun, diakui Jatmiko, PLN masih berupaya menembus wilayah yang masih belum bisa diakses.

"Salah satu kendala di lapangan yakni banyaknya daerah yang masih belum bisa ditembus petugas karena aksesnya rusak," jelasnya.

Baca juga:  413 Personel PLN Dikerahkan untuk Benahi Jaringan Listrik NTT

Selain melakukan pemulihan kelistrikan, melalui YBM (Yayasan Baitul Maal), PLN juga memberikan bantuan di beberapa daerah yang terdampak signifikan. Sampai dengan saat ini, bantuan mengalir ke Desa Lamahala Jaya dan Desa Waiburak-Adonara, Flores Timur.

Jatmiko juga menyampaikan, dengan relawan setempat, PLN membuka dapur umum di lokasi yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Ile Ape, Lembata.

"PLN terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan dan bersabar untuk penormalan kelistrikan," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT