06 April 2021, 23:35 WIB

Fairtual Gandeng Alibaba Cloud Dukung Transformasi Digital


mediaindonesia.com | Ekonomi

MELALUI sebuah inovasi penyelenggaraan event dalam bentuk virtual dengan memanfaatkan produk teknologi informasi dan komunikasi atau melalui pendekatan virtual reality yakni mengaplikasikan objek-objek dunia nyata yang direfleksikan ke dunia virtual, sehingga lebih dinamis khususnya dalam kegiatan penyelenggaraan event untuk mempromosikan kegiatan perjalanan (travel), Fairtual telah membuktikan eksistensinya sebagai penyedia jasa layanan pameran virtual.

Hal ini dapat dilihat di tahun sebelumnya, pada November 2020, Fairtual telah sukses menyelenggarakan sebuah pameran virtual selama 14 hari dengan jumlah partisipan dan pengunjung cukup besar guna menjawab tantangan dalam menggerakkan kembali sektor meeting, incentive, conference, dan exhibition (MICE) dengan mengadaptasi prinsip new normal.

Yakni sebuah pameran virtual dengan pendekatan perangkat digital, seperti laptop/PC, telepon genggam, dan lainnya, melalui jaringan internet tetap dapat digelar, layaknya sebuah pameran konvensional dengan menyuguhkan suasana pameran pada umumnya yang mana pengunjung dapat mengunjungi booth, melihat produk, berkomunikasi dengan layanan chat, hingga melakukan transaksi. Fairtual dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Dengan keberhasilan event sebelumnya, Fairtual sebagai salah satu jasa penyedia platform kegiatan virtual termasuk juga layanan pertemuan virtual berbasis webinar pada tahun ini telah menggandeng Alibaba Cloud sebagai mitra kerja strategis dalam rangkaian kegiatan grand launching Alibaba Cloud scrubbing center Indonesia pada 7 April mendatang.


Baca juga: Dua Perusahaan Milik Sinar Mas Land Raih Penghargaan


Ini merupakan ajang terbesar ketiga diselenggarakan Alibaba selaku penyedia layanan cloud computing  yang telah berinovasi di berbagai bidang terkait internet, khususnya jasa layanan e-commerce, di mana dua event sebelumnya dilakukan tahun sebelumnya. Event kali ini juga sebagai bentuk keberlanjutan dan konsistensi Alibaba dalam pembangunan pusat data dan diharapkan dapat diselaraskan dengan prinsip pengelolaan data yang transparan.

"Saya berharap dengan adanya Alibaba Cloud scrubbing center akan membantu dalam pengamanan serangan cyber security, khususnya di Indonesia," ujar Dimi Octora, dalam keterangannya, Selasa (6/4).

Acara ini akan dihadiri ribuan peserta dengan latar belakang  beragam. Grand launching yang akan diagendakan pada 7 April ini berbeda dengan event Fairtual sebelumnya. Kegiatan ini akan diisi dengan rangkaian forum diskusi secara virtual yang menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan Leon Chen selaku Country Manager Alibaba Cloud Intelligence Indonesia serta narasumber lain yang merupakan praktisi di industri teknologi Informasi.

Pihak Alibaba Cloud juga berharap dengan seminar virtual yang dibuat berbeda dengan seminar lain ini dapat berhasil mengedukasi layanan baru bagi pelanggan di Indonesia. (RO/S-2)

BERITA TERKAIT