06 April 2021, 21:01 WIB

Sandiga Dorong Kemudahan Berwisata bagi Kaum Difabel


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, para penyandang disabilitas memiliki hak yang setara. Ia mendorong fasilitas bagi kaum difabel diberi kemudahan dalam berwisata.

Sandiaga meminta para pengelola destinasi wisata untuk meningkatkan awareness atau kesadaran dalam menyiapkan segala aspek dalam pengembangan destinasi wisata.

“Dari segi infrastruktur semua harus diperbaiki, begitu pun dengan amenitas, khususnya fasilitas seperti toilet untuk penyandang disabilitas. Begitupun dengan atraksi wisatanya," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (6/4).

Saat melakukan kunjungan kerja ke Banten, pada hari ini, Kemenparekraf menyebut, sekitar 3.989 penyandang disabilitas tinggal di daerah tersebut.

Sandiaga mengaku bakal memberi perhatian kepada para penyandang disabilitas agar mendapatkan hak yang sama dalam berwisata atau terjun dalam bisnis ekonomi kreatif.

"Termasuk juga pembukaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk para penyandang disabilitas," ucap Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

"Sesuai dengan UU Nomor 8 tahun 2016, target 1 sampai 2 persen dari penyandang disabilitas diberikan lapangan pekerjaan yang berkualitas pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Di satu sisi, Sandiaga mendorong pengelola menyiapkan tempat wisata tersebut untuk menerima para wisatawan di tengah rencana larangan mudik lebaran pada Mei. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT