06 April 2021, 10:20 WIB

Sandiaga Sebut Dorna Datang ke RI Cek Kesiapan MotoGP 2021


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan penyelenggara balapan MotoGP, Dorna Sport, dijadwalkan datang ke Indonesia pada hari ini, Selasa (6/4) hingga Rabu (7/4).

Kedatangan Dorna, ucapnya, untuk mengecek langsung kesiapan akhir Sirkuit Internasional Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

"Untuk MotoGP, kami menunggu kepastian. Dorna sebagai penyelenggaea MotoGP akan mengunjungi Jakarta dan Mandalika," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (5/4).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan berbagai hal untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP 2021. Baik dari segi infrastruktur dan produk-produk ekonomi kreatif yang akan dipasarkan saat ajang internasional itu digelar di Mandalika.

Pada intinya kami menyiapkan infrastruktur baik sirkuitnya, tempat yang diperlukan untuk menampung para racer (pembalap) dan juga persiapan (pengembangan) Airport (Lombok) sudah hampir 90% sampai ke produk ekonomi kreatif hingga desa wisata di sekitar Mandalika," terang Sandiaga.

Baca juga: Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Rampung Juli Ini

Secara umum, Menparekraf mengaku kesiapan pemerintah dalam menyelenggarakan MotoGP sudah mencapai 70%. Sandiaga berharap dengan kedatangan Dorna bisa memastikan kelancaran penyelenggaraan event tersebut.

"Keputusan yang diambil Dorna akan memantapkan kita melangkah kedepan (untuk MotoGP) di Mandalika," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juli ini.

Pembangunan Sirkuitnya Mandalika dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk dalam kalender provisional MotoGP 2021. Adapun, alokasi anggaran untuk proyek tersebut mencapai Rp1,7 trilliun.

"Untuk perkembangan Mandalika kami monitor secara detail. Kalau untuk sirkuitnya dan kemudian infrastruktur di luarnya termasuk akses Bandara ke Mandalika akan selesai semua di Juli," ujar Basuki dalam keterangannya, Kamis (21/1).(OL-5)

BERITA TERKAIT