23 March 2021, 22:11 WIB

Lewat Travel Fair, Sandiaga Optimis Minat Wisata Indonesia Bangkit


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik program PT Garuda Indonesia, Tbk (Persero), yakni Garuda Online Travel Fair (GOTF).

Dia meyakini event tersebut dapat mendongkrak sektor pariwisata, khususnya perjalanan domestik lewat promo-promo tiket yang digelentorkan maskapai pelat merah tersebut.

"Mari kita pupuk motivasi. Kita dorong semua, bagaimana pariwisata ini memberi satu peluang lokomotif agar semakin bisa membangkitkan ekonomi kita, membuka kembali lapangan kerja, dan mencetak peluang," kata Sandiaga dalam konferensi pers GOTF 2021 secara virtual, Selasa (23/3).

 

Acara GOTF sendiri diselenggarakan secara daring dari 26 - 31 Maret 2021, dengan menggandeng Bank BCA, dengan promo tiket hingga 85%.

 

Promo diskon tiket perjalanan tersebut misalnya, dari Jakarta menuju Bali pulang pergi (pp) hanya Rp 940 ribu. Lalu Jakarta menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pp hanya Rp 1,4 juta.

 

Dengan adanya promo tiket perjalanan udara ataupun akomodasi liburan, diharapkan Sandiaga dapat membuka animo pariwisata Indonesia bergairah.

 

"Memang pariwisata kita terpuruk, namun kita yakin jika kita bergandengan tangan kita enggak bisa jalan sendiri-sendiri, kita bisa pulihkan," tutur Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, dia sempat membeberkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) turun hingga 75%. Pada 2019, jumlah wisman lebih dari 16 juta. Adapun pada 2020 turun menjadi 4,08 juta kunjungan wisman.

Smentara itu, devisa negara dari sektor pariwisata juga anjlok. Pada 2019, devisa sektor pariwisata mencapai US$16,9 miliar. Namun, pada 2020 turun drastis menjadi US$3,54 miliar. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT