22 March 2021, 21:43 WIB

Menparekraf Wajibkan Prokes Ketat di Setiap Event


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan beberapa event dengan skala kecil sudah mulai berjalan. Pihaknya pun mengisyarakat event skala besar seperti ajang festival, konser musik hingga olahraga bakal segera mendapatkan izin.

Ketentuan untuk event besar tersebut, kata Sandiaga harus mendapat persetujuan dari pemerintah daerah (pemda) setempat dan tim gugus tugas covid-19 daerah dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Event-event kecil seperti di kafe-kafe yang melibatkan pemusik-pemusik dalam skala lebih kecil sudah mulai dapat dilaksanakan. Kami akan membuka beberapa event (besar) dan selalu saya ingatkan protokol kesehatan adalah keharusan," ujar Sandiaga Hybrid Weekly Press Briefing Media secara virtual, Senin (22/3).

Soal pembukaan event skala besar, Kemenparekraf, diakui Sandiaga, akan berkoordinasi dengan banyak pihak, mulai dari Pemerintah Provinsi/kota/kabupaten, kepolisian dan Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19.

"Event besar seperti yang dapat mulai dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dengan mengacu sinergi Pemda dan Kepolisian dan Satgas Covid-19," imbuhnya.

Dalam waktu dekat, Sandiaga menerangkan, pihaknya akan meluncurkan event besar yakni Kharisma Event Nusantara yang merupakan program Kemenparekraf.

Program itu dikatakan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendorong festival atau event daerah yang bisa diangkat ke taraf internasional pada bulan depan.

"Kami sendiri akan melaunching Kharisma Event Nusantara, yaitu (bagian) calendar of event dari Kemenparekraf rencananya pada bulan April," pungkas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. (E-3)

BERITA TERKAIT