22 March 2021, 16:02 WIB

Permudah Pensiunan, Bank Bjb Luncurkan Taspen Smartcard


Bayu Anggoro | Ekonomi

BANK BJB bekerja sama dengan PT TASPEN (persero) terus meningkatkan layanan terhadap nasabah pensiunan. Salah satunya dengan meluncurkan TASPEN smartcard.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, TASPEN smartcard berfungsi sebagai kartu pengganti Karip (Kartu Identitas Pensiunan). TASPEN Smartcard juga memiliki desain khusus yang mencantumkan nomor pensiunan (NOTAS) para nasabah pada kartunya.

Widi menjelaskan, TASPEN Smartcard dapat memudahkan para pensiunan untuk melakukan pengambilan uang tunai di jaringan ATM bank bjb atau ATM jaringan kerja sama lainnya tanpa harus mengantre di counter teller cabang. Cara ini sangat tepat mengingat saat ini masih pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan menjaga jarak sosial untuk mengurangi penyebaran virus corona.

"Manfaat lainnya dari TASPEN Smartcard adalah sebagai alat pembayaran yang memiliki fasilitas tambahan program promosi dan diskon di beberapa merchant terpilih yang telah bekerjasama dengan PT TASPEN (Persero)," kata Widi usai kesepakatan kerjasama antara bank bjb dengan PT TASPEN (Persero), di BJB Precious, Bandung, Senin (22/3). Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan simbolis TASPEN Smartcard dari Kantor Cabang PT TASPEN Bandung kepada perwakilan nasabah Bank BJB.

Acara ini dihadiri Asisten Daerah III Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim, Pemimpin Cabang PT TASPEN Bandung Andi Purwadi, serta Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Konsumer Bank BJB Hakim Putratama. Selain itu, hadir pula Pemimpin Divisi Kredit Ritel Bank BJB Rudy Purwadhi, CEO Regional 1 Bank BJB Andy Rachman, dan Pemimpin Kantor Cabang Utama Bandung Jadi Kusmaryadi serta Sumarwan Hadisoemarto sebagai perwakilan nasabah Bank BJB.

Widi menambahkan, TASPEN Smartcard telah didistribusikan Bank BJB kepada para pensiunan TASPEN sejak September 2020. "Pada bulan Januari 2020, bank bjb bersama PT TASPEN telah berkolaborasi dalam membuat ATM/Debit Co-Branding atau disebut TASPEN Smartcard," katanya.

Sementara itu, perwakilan nasabah bank bjb, Sumarwan Hadisoemarto, mengatakan, TASPEN Smartcard telah mempermudah dirinya untuk mengambil uang pensiun. Dengan begitu, dia tak perlu lagi antre di bank karena setiap bulannya hanya melakukan proses otentifikasi melalui telepon seluler pribadi untuk kemudian memperoleh dana lewat ATM terdekat.

 "Saya sudah menjadi nasabah Bank BJB sejak jadi ASN tahun 1986. Smartcard TASPEN ini memudahkan saya untuk mengambil uang pensiun, apalagi saya termasuk kelompok rentan terpapar corona. Tidak perlu datang ke bank, saya bisa ambil uang di ATM setelah melakukan otentifikasi di HP," katanya. 

Selain itu, menurutnya transaksi rutin seperti membayar tagihan air dan telepon juga dapat dilakukan di mobile banking BJB. Sehingga, mobilitas untuk bertransaksi ke luar rumah sudah sangat terminimalisasi.

"Terimakasih Bank BJB dan TASPEN, Semoga bank bjb dan TASPEN dapat memberikan fasilitas layanan yang lebih baik lagi kedepannya," katanya.

Bagi nasabah yang baru menginjak masa pensiun dan ingin mendapatkan fasilitas TASPEN Smartcard, nasabah dapat terlebih dahulu membuka rekening tabungan BJB Tandamata Purnabakti. Proses ini dapat dilakukan di selutuh jaringan kantor bank bjb. 

Adapun perjanjian kerjasama antara PT. TASPEN (Persero) dengan Bank BJB secara nasional telah dilakukan sejak 2010. Kerja sama yang dilakukan di antaranya meliputi Pembayaran Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian melalui Rekening Bank. 

Berbagai kemudahan pelayanan untuk para nasabah pensiunan juga terus ditingkatkan oleh PT TASPEN (Persero) sesuai dengan perkembangan era digital. Salah satunya lewat proses otentikasi melalui smartphone.

Proses sederhana tersebut memungkinkan nasabah pensiunan untuk dapat dikenali identitasnya tanpa perlu mengantre ke customer service bank. Sehingga, nasabah dapat mengambil uang pensiun di ATM terdekat. (BY/OL-09)

BERITA TERKAIT