09 March 2021, 21:00 WIB

4 Destinasi Ini Jadi Pilot Project Pembukaan Wisman


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku tengah menyiapkan empat daerah untuk uji coba atau pilot project dalam menyambut wisatawan mancanegara (wisman) melalui program free covid corridors (FCC). 

Seperti diketahui, Indonesia masih menutup perbatasan wilayah untuk WNA guna mencegah penularan virus varian baru covid-19. Adapun, dalam rencana FCC itu, daerah tersebut harus masuk dalam zona hijau atau green zona. Di mana, penduduk di wilayah tersebut harus divaksinasi covid-19.

"Saya baru bicara dengan Presiden (Joko Widodo), pembukaan (wisata) kita lakukan bertahap. Pembukaan itu dengan green zone corridor arrangement. Itu bisa digagas di Bali, Sulawesi Utara, Batam dan Bintan (Kepulauan Riau) sebagai pilot project," kata Sandiaga dalam virtual meeting Media Group dengan Menparekraf, Selasa (9/3).

Dia menuturkan, dengan pelaku pariwisata ekonomi kreatif (parekraf) mendapatkan prioritas vaksin, maka diharapkan pembukaan tempat wisata untuk turis asing dapat segera terealisasi. Pihaknya menyebut, pada Juli nanti, sekitar 77 juta warga Indonesia ditargetkan sudah menerima vaksin covid-19.

"Dengan poin fundamental itu, kami berharap kesiapan reopen tourism bisa cepat. Sekitar 21 hingga 22 juta pelaku ekonomi kreatif, dengan mayoritas dari pelaku UMKM menggantungkan nasibnya di sektor itu. Kuncinya terus adaptasi, kolaborasi dan inovasi,' jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : Gerakkan Ekonomi Daerah 3T Melalui Penyaluran Bantuan Pemerintah

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemberitaan Media Indonesia Gaudensius Suhardi mengungkapkan, keseriusan Menparekraf harus didukung oleh berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga stakeholder. Bahkan, dia mengusulkan, Sandiaga untuk membuka kantor di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Gerak bersama yang digaungkan Mas Sandiaga ini harus didukung banyak pihak. Kalau bisa, selain buka kantor di Bali, mudah-mudahan bisa juga di Labuan Bajo untuk mendongkrak pariwisata," imbuhnya.

Sebelumnya pun, Menparekraf menyebut, penerapan free covid corridor sedang dalam tahap finalisasi. Menurutnya, dalam membuka perbatasan ini dikatakan harus benar-benar memperhatikan aspek kesehatan sebagai prioritas. 

“Rencananya pertengahan Maret ini kita akan melakukan rapat koordinasi di Bali, dengan mengundang k/l terkait dan semua stakeholders. Kita harapkan ini bisa memberikan angin segar. Semoga ini bisa kita mulai eksekusi dalam jangka waktu singkat,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin (8/3). (OL-7)

BERITA TERKAIT