03 March 2021, 00:10 WIB

Setahun Pandemi, Airlangga Sebut Ekonomi RI dalam Tren Positif


Atalya Puspa | Ekonomi

KETUA Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartanto menilai kinerja ekonomi Indonesia menunjukkan tren positif. Tepatnya dalam setahun terakhir sejak pandemi covid-19 melanda negeri.

"Di tengah situasi ini, tren perekonomian Indonesia masih positif. Kalau tahun lalu kontraksi ekonomi year on year (yoy) minus 2,07. Tapi kita masih di jajaran empat negara tertinggi dari anggota G20," tutur Airlangga dalam acara Prime Talk yang disiarkan Metro TV, Selasa (2/3).

Lebih lanjut, dia menyoroti Purchasing Managers Index (PMI) sektor manufaktur yang mencapai angka di atas 50%. Dlihat dari kinerja ekspor, Indonesia juga masih membukukan tren positif sepanjang 2020. 

Baca juga: Pemerintah Optimis Ekonomi Tahun Ini Tumbuh 5,3%

Airlangga mengungkapkan ada sejumlah komoditas yang mencatatkan pertumbuhan ekspor. Seperti, kelapa sawit, batu bara dan karet. Dengan berbagai hasil positif yang dicapai, dia meyakini bahwa penanganan dampak pandemi terhadap ekonomi nasional sudah pada jalur yang benar. 

Terlebih, pemerintah juga menghapus PPnBM mobil dan PPN pembelian properti. Kebijakan itu bertujuan mendorong konsumsi masyarakat, serta meningkatkan geliat sektor otomotif dan properti.

"Pemerintah terus memberikan stimulus, agar perekonomian nasional kembali stabil," pungkas Airlangga.(OL-11)

BERITA TERKAIT