23 February 2021, 16:00 WIB

UMKM Lokal Diharapkan Bisa Bangkit dan Naik Kelas


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PANDEMI covid-19 yang masih berlangsung di Tanah Air dan di banyak negara lainnya di dunia memang membuat laju perekonomian tersendat, khususnya dunia usaha. Banyak pelaku usaha, utamanya usaha mikro, kecil, dan menengah yang tidak mampu bertahan dari hempasan wabah berkepanjangan tersebut.

Meski begitu mereka diharapkan bisa bangkit dan naik kelas. Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UMKM Hanung Harimba Rachman, dalam webinar  Bangga Buatan Indonesia bertajuk 'Strategi UMKM Naik Kelas di Tengah Tantangan Pandemi dan Digitalisasi'. Menurutnya, semua pihak diharapkan memberikan solusi terhadap UMKM dalam menghadapi tantangan pandemi dan digitalisasi.

Baca juga: UMKM Pahlawan Pandemi Covid-19

“Webinar Bangga Buatan Indonesia memberikan hasil yang baik bagi UMKM dalam menciptakan strategi untuk menghadapi pandemi dan tantangan di era digitalisasi,” kata Hanung.

Hal senada dikatakan Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Presiden  Panutan S Sulendrakusuma. Menurutnya, tantangan selanjutnya setelah pandemi adalah bagaimana kita bisa bangkit secepatnya.
 
“Peran serta semua pihak untuk membantu membangkitkan perekonomian nasional memang sangat dituntut. Pemerintah dalam hal  ini terus membantu para pelaku UMKM karena mereka merupakan tulang punggung perekonomian nasional,” kata Panutan.

Pada kesempatan yang asma Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi SuaraPemerintah.id Arief Munajad mengatakan bahwa tujuan dari digelarnya webinar tersebut adalah untuk mengedukasi para pelaku UMKM agar bisa memiliki pandangan dan memunculkan berbagai strategi dalam menghadapi berbagai tantangan.

“UMKM kita harus bangkit dan bisa terus naik kelas. Tantangan adalah keniscayaan yang harus dihadapi untuk berkembang. Kita perlu adaptasi dengan membuat strategi dan inovasi dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut,” ujar Arief.

Webinar Nasional yang dihadiri 200 lebih pelaku UMKM dari seluruh Indonesia tersebut juga dihadiri oleh berbagai tokoh dari kalangan pemerintah, media massa, praktisi bisnis, dan para ahli. Acara itu sekaligus SuaraPemerintah.id, media nasional pemberitaan seputar pemerintah.

“SuaraPemerintah.id diluncurkan sebagai media yang menjembatani antara pemerintah dan masyarakat untuk  mendapatkan informasi yang komprehensif dan kredible, ” ujar Arief. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT