23 February 2021, 19:50 WIB

Platform E-Commerce Ikut Dukung Gernas BBI


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

KAMPANYE Gerkana Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diusung pemerintah Indonesia semakin mendapatkan dukungan luas. Kali ini dukungan diberikan platform perdagangan eektronik (e-commerce) lokal,  Blibli dengan memperluas kurasi produk lokal yang menjangkau lebih banyak daerah sejalan fokus destinasi wisata pemerintah.

Peluncuran laman khusus #BeliKreatifDanauToba menjadi langkah awal Blibli untuk mendukung UMKM lokal, khususnya Sumatera Utara. Vice President Galeri Indonesia Blibli Andreas A Pramaditya mengatakan, laman khusus itu akan mengangkat kekayaan Indonesia dan UMKM lokal dengan memperluas jangkauan pasarnya. 

“Sepanjang tahun lalu, Blibli menjalankan berbagai inisiatif untuk membantu para pelaku UMKM agar terus bergerak dan bangkit melalui platform digital. Hadirnya kurasi produk di #BeliKreatifDanauToba ini merupakan usaha kami untuk terus mengangkat kekayaan Indonesia dan UMKM lokal agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas," kata Andreas dalam keterangan tertulisnya.

Laman khusus #BeliKreatifDanauToba merupakan bentuk dukungan Blibli terhadap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memperkenalkan kampanye bertajuk sama pada 20 Februari 2021, sebagai turunan dari program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). 

Laman khusus itu akan menampilkan lebih dari 700 ragam produk asal Sumatera Utara, mulai dari kriya, kuliner seperti kopi, makanan khas daerah, hingga pakaian dan aksesoris. Pelanggan dapat mengakses laman khusus #BeliKreatifDanauToba pada tautan sebagai berikut: Blibli.com/BanggaBuatanIndonesia.

Baca juga : PBNU Harapkan Revisi UU ITE Akselerasi Ekonomi Digital

Andreas menambahkan, Blibli pada kesempatan Gernas BBI #BeliKreatifDanauToba juga merangkul para seller yang menjual produk khas Sumatera Utara meskipun tidak berdomisili di wilayah tersebut. 

“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM lokal dengan mengembangkan seller di banyak daerah untuk memperluas pasar. Dengan ekosistem dan fasilitas yang kami miliki, seperti adanya warehouse Blibli di 20 kota besar termasuk di Jabodetabek dan Medan, harapannya Blibli bisa membantu pemerintah dalam mencapai target 30 juta unit UMKM untuk masuk ke platform digital hingga tahun 2023,” ujarnya.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 75.000 pelaku UMKM yang telah bergabung di Blibli dan menjadi seller di kategori Galeri Indonesia. Melalui program #KarenaLokalNo1 yang diluncurkan tahun lalu, Blibli menghadirkan berbagai kegiatan untuk pengembangan dan pemberdayaan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. 

Hal ini merupakan upaya Blibli untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan yang sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. #KarenaKamuNo1. (OL-7)

BERITA TERKAIT