23 February 2021, 09:26 WIB

Garuda Pastikan 10 Armada Boeing Aman


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MASKAPAI penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan 10 armada B777-300ER yang dioperasikan, telah memenuhi kriteria laik terbang berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Hal ini merespons soal insiden terbakarnya mesin boeing tipe B777-200 maskapai United Airlines yang melayani penerbangan UA328 dari Denver, Amerika Serikat ke Honolulu, Hawaii pada Sabtu (20/2).

"Sepuluh armada B777-300ER yang dioperasikan Garuda Indonesia telah menjalani prosedur inspeksi kelayakan terbang sesuai manual manufaktur," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Irfan juga menjelaskan, series pesawat tersebut berbeda dengan jenis armada B777 series yang Garuda Indonesia operasikan saat ini, yakni tipe B777-300ER yang pada dasarnya memiliki spesifikasi engine yang berbeda. Pesawat B777-300 ER yang saat ini dioperasikan Garuda Indonesia menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric.

Sebagai antisipasi, Irfan menyebut, pihaknya telah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada B777-300ER.

"Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan layak terbang. Hasil inspeksi tersebut juga telah kami sampaikan kepada DKPPU," kata Irfan.

baca juga: Boeing 777X Lakukan Penerbangan Perdana

Dia menambahkan, disamping menjalankan prosedur inspeksi secara menyeluruh, Garuda Indonesia disebut menjalankan mekanisme perawatan secara berlapis pada seluruh pesawat guna memastikan kondisi pesawat dalam kondisi yang prima ketika akan terbang.

"Upaya menyeluruh dan berlapis yang kami terapkan dalam menjalankan prosedur inspeksi dan perawatan armada secara komprehensif tersebut dilakukan guna memastikan pesawat yang diterbangkan telah memenuhi standard kelaikudaraan sesuai regulasi yang berlaku," pungkas Irfan. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT