21 February 2021, 22:15 WIB

Dukung Holding Pangan, PPI Siapkan 32 Saluran Distribusi


Heryadi | Ekonomi

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), selaku salah satu BUMN perdagangan, mendukung pembentukan holding pangan. Sebagai bentuk dukungan tersebut, PPI siap menggunakan 32 cabang distribusinya di seluruh Indonesia untuk mendukung holding pangan tersebut.

"PPI siap mengikuti proses dalam tahapan rencana Kementerian BUMN dalam pembentukan holding pangan, serta siap menjalankan prioritas tugas yang diembankan dalam kapasitasnya sebagai fungsi trading di dalamnya,” ungkap Corporate Secretary PPI Syailendra dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu (21/2).

Syailendra mengatakan saluran distribusi PPI di 32 cabang tersebar di seluruh Indonesia, dapat dimanfaatkan dengan baik dalam ketersediaan dan keterjangkauan pangan di masyarakat, begitupun untuk pangan krusial dalam membantu ketersediaan stok dan stabilisasi.

Kementerian BUMN sendiri terus menggenjot pembentukan holding pangan tersebut. Dalam Forum Group Discussion pada Rabu (17/02), antara Komisi VI DPR RI, Kementerian BUMN dan BUMN Kluster Pangan dan juga dihadiri direksi PPI, Wamen I BUMN Pahala N. Mansury memaparkan roadmap (peta jalan) dan inisiatif strategis masing - masing BUMN pangan dan pupuk serta Perum Bulog.

Pada kesempatan itu, PT RNI sekalu koordinator klaster pangan juga memberikan gambaran model bisnis anggota BUMN Klaster Pangan. Selain PPI, anggota klaster pangan lainnya adalah Perum Perindo, PT Berdikari (Persero), BGR Logistic, PT Garam (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Pertani (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), dan PT Sang Hyang Seri (Persero).

Komisi VI DPR RI dalam tanggapannya mengharapkan roadmap rencana holding pangan dapat diakselerasikan melalui kemandirian dan kedaulatan pangan yang mampu memanfaatkan semua infrastruktur yang ada. Mereka juga mendorong untuk dilakukan orkestrasi dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk mempercepat tujuan kedaulatan pangan. (E-3)

BERITA TERKAIT