21 February 2021, 01:35 WIB

Gaikindo Dukung Relaksasi DP Nol Persen Kendaraan


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

RELAKSASI Down Payment (DP) 0% untuk kendaraan baru yang dikeluarkan pemerintah mendapat dukungan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang berharap bisa membantu peningkatan penjualan kepemilikan kendaraan bermotor (KBM).

"Kami menyambut baik kebijakan DP 0% mudah-mudahan hal tersebut bisa membantu peningkatan penjualan KBM," kata Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, Sabtu (20/2).

Dengan begitu pabrik-pabrik kendaraan dan komponennya bisa kembali bekerja dengan normal dan lapangan kerja kembali terbuka. "Selain itu, kita harapkan dengan relaksasi itu harga KBM tertentu bisa turun dan terjangkau oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Anton Widiantoro mengatakan pihaknya mendukung penuh kebijakan pemerintah tersebut. "Kita pasti mendukung kebijakan pemerintah terutama yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan di sektor otomotif," jelasnya.

Namun debitur yang ingin melakukan DP 0 persen harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan pihak leasing karena setiap perusahaan pembiayaan memiliki regulasi yang berbeda.

"Tentunya kebijakan tersebut makin mempermudah konsumen untuk memiliki sepeda motor. Namun tentunya sesuai dengan aturan dari masing2 lembaga pembiayaan," ungkapnya.

General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin menyebutkan pihaknya akan kembali mempelajari relaksasi Dp 0% tersebut.

"Kami memahami tujuan kebijakan Bank Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi dengan tetap memperhatikan kehati-hatian dan kesehatan risiko lembaga pembiayaan, oleh karena itu kami akan mempelajari dan berkoordinasi dengan lembaga pembiayaan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen," jelasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT