20 February 2021, 01:00 WIB

Kemenhub Bakal Beli Pesawat N219 di Tahun Depan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) akan membeli Pesawat N219 di 2022 untuk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan dan angkutan perintis.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, 50% penerbangan di Papua, merupakan penerbangan perintis yang landasannya tidak lebih dari 800 meter dan bisa memanfaatkan pesawat seperti N219.

Baca juga: Pemerintah Incar Pemasukan Rp140 T dari Wisatawan Domestik

"InsyaAllah tahun depan kami sudah bisa beli 1 Pesawat N219 untuk kegiatan kalibrasi atau perintis,” ujar Budi dalam keterangannya, Jumat (19/2).

Seperti diketahui, setelah melalui rangkaian uji dalam proses sertifikasi selama tujuh tahun, sertifikat tipe untuk pesawat udara N219 resmi diterbitkan pada (28/12/2020) lalu.

Menhub juga mendorong penggunaan produk dalam negeri pada sektor penerbangan yaitu dengan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada proyek-proyek di sektor transportasi.

Kemudian pihaknya meminta industri penerbangan nasional serta pelaku usaha dalam negeri, mendukung karya anak bangsa seperti Pesawat N219 untuk digunakan sebagai pesawat komersial perintis maupun kegiatan lainnya.

Baca juga: Anggota Indosurya Sebut Provokasi Ganggu Pencairan Dana

“Sebagaimana arahan bapak Presiden (Joko Widodo), kita harus mendukung produk-produk dalam negeri untuk berkembang," pungkas Budi.

Sebagai informasi N219 adalah pesawat udara kategori komuter, high-wing monoplane dengan mid tail empennage, unpressurised cabin berkapasitas maksimum 19 penumpang dengan roda pendarat fuselage mounted non-retractable tricycle. Lalu dilengkapi dua engine turboprop PT6A-42 dengan 4 bilah propeller Hartzell, serta dilengkapi sistem navigasi-komunikasi Garmin 1000 Next Generation. (OL-6)

BERITA TERKAIT