11 February 2021, 22:50 WIB

Investor Disarankan Diversifikasi ke Reksa Dana Saham


Antara | Ekonomi

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menyarankan investor melakukan diversifikasi atau memindahkan sebagian dana investasi ke reksa dana saham pada tahun ini.
 
"Tahun pemulihan ini sangat baik untuk dimanfaatkan oleh para investor yang ingin melakukan diversifikasi investasi ke reksa dana saham," kata Head of Investment Specialist MAMI Freddy Tedja melalui keterangannya, Kamis (11/2).
 
Walau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Januari ditutup melemah 1,95%, namun bursa saham pada Februari sudah kembali bangkit. Jika dihitung sejak awal tahun 2021 hingga 9 Februari 2021, IHSG telah bergerak naik 3,39% ke level 6.181,67.
 
Freddy mengatakan proyeksi tahun pemulihan ini juga tercermin pada kinerja reksa dana saham yang mulai merangkak bangkit. Sebagai contoh, reksa dana Manulife Saham Andalan (MSA) yang pada akhir Januari 2021 lalu memberikan kinerja enam bulan sebesar 33,15%.

Baca juga: Investasi Reksa Dana Syariah di Masa Pandemi
 
Sementara sejak awal 2021 hingga akhir Januari 2021, MSA memberikan kinerja satu bulan sebesar 0,63%, jauh melampaui tolok ukurnya (IDX80) yang sebesar minus 2,55%. Reksa dana MSA mengedepankan fokus pada perusahaan di sektor siklikal yang diuntungkan oleh potensi pemulihan ekonomi domestik.
 
Walaupun, sekarang saat yang baik untuk memanfaatkan peluang di tahun pemulihan, lanjut Freddy, namun profil risiko investor dan horizon investasi menjadi kunci dalam menentukan pilihan kelas aset dalam investasi.
 
"Reksa dana saham cocok bagi investor dengan profil risiko agresif dengan horizon investasi jangka panjang. Prinsip kehati-hatian dalam menentukan pilihan produk investasi dan perusahaan manajer investasi yang akan mengelola dana anda akan sangat menentukan hasil yang akan Anda nikmati di masa depan kelak," ujar Freddy. (R-3)

BERITA TERKAIT