08 February 2021, 14:50 WIB

Erupsi Gunung Raung, Lion Air Group Batalkan Sejumlah Penerbangan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

HARI  ini, Maskapai Lion Air, Wings Air, dan Batik Air member of Lion Air Group membatalkan sejumlah rute penerbangan, imbas penutupan Bandar Udara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, penutupan bandar udara tersebut akibat erupsi dan aktivitas Gunung Raung, Jawa Timur pada Minggu (7/2).

"Sehubungan kondisi tersebut, dalam memastikan keselamatan dan keamanan, layanan penerbangan Lion Air Group mengalami pembatalan (cancel flight) hari ini," jelas Danang dalam keterangan resminya, Senin (8/2).

Danang menyampaikan, kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus itu termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan.

Dia mengklaim, pihaknya telah memberikan informasi kepada seluruh penumpang (tamu) yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan. 

Baca juga : Ekspor Jatim Terkendala Kelangkaan Kontainer

 "Terkait pembatalan penerbangan tersebut, Lion Air Group memberikan solusi kepada seluruh penumpang yang terkena dampak, antara lain penjadwalan ulang keberangkatan (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku," ungkap Danang.

Adapun pembatalan penerbangan maskapai Lion Air Group yang dibatalkan ialah, pada kedatangan di Bandar Udara Internasional Banyuwangi:

1. Wings Air penerbangan IW-1880 pukul 09.00 WIB dari Surabaya.

2. Batik Air penerbangan ID-6590 pukul 10.00 WIB dari Jakarta-Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

3. Lion Air penerbangan JT-594 pukul 06.25 WIB dari Jakarta-Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

Untuk keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Banyuwangi yang dibatalkan adalah :

1. Wings Air penerbangan IW-1881 pukul 10.10 WIB tujuan Surabaya.

2. Batik Air penerbangan ID-6591 pukul 12.20 WIB tujuan Jakarta-Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

3. Lion Air penerbangan JT-593 pukul 09.00 WIB tujuan Jakarta-Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang

"Operasional penerbangan Lion Air Group akan terbang kembali menurut keputusan otoritas bandar udara dan bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat," tandas Danang. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT