05 February 2021, 16:55 WIB

Gangguan Teknis, Batik Air Tunda Penerbangan Rute Silangit-Jakarta


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

BATIK Air kode penerbangan ID-6833 menunda keberangkatan penerbangan rute Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII, Silangit, Sumatra Utara, tujuan Jakarta Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, pada Kamis (4/2).

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro menuturkan, alasan penundaan pesawat yang akan mengoperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LDI itu mengalami gangguan teknis sebelum keberangkatan. Padahal, lanjutnya, pihaknya mengklaim sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight).

"Setelah proses semua tamu masuk ke pesawat udara (boarding) selesai, ada indikator menyala pada pesawat yang menunjukkan pengecekan lebih lanjut," jelas Danang dalam keterangan resminya, Jumat (5/2).

Untuk itu, Danang menuturkan pilot dan teknisi memeriksa kembali dan koordinasi kurang lebih 30 menit. Demi alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, seluruh penumpang diminta keluar dari pesawat tersebut.

Dalam penerbangan tersebut, Batik Air akan membawa enam awak pesawat, 91 tamu dewasa, dan tujuh anak-anak, serta tiga balita.

Anak perusahaan dari Lion Air Group itu memfasilitasi sesuai permintaan tamu yang akan melakukan perubahan jadwal keberangkatan (reschedule). Terdapat tiga tamu serta tiga tamu lain mengajukan proses pengembalian dana tiket (refund).

Hari ini, Danang mengatakan, Batik Air telah mengakomodasi 24 tamu untuk melaksanakan penerbangan bersama maskapai lain (transfer airlines) yang sempat tertunda pada Rabu lalu. Mereka telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 10.24 WIB pada hari ini. (OL-14)

BERITA TERKAIT