04 February 2021, 08:46 WIB

OVO Ingin Beri Kemudahan Investasi di Indonesia


mediaindonesia.com |

BESARNYA potensi investasi ritel di Indonesia menarik perhatian platform pembayaran digital dan layanan finansial OVO. Di sisi lain, kemudahan juga menjadi poin penting dalam menyediakan produk investasi.

Karena itu, fitur ‘Invest’ di aplikasi OVO yang baru diluncurkan merupakan jawaban dalam menghadirkan investasi yang seamless. Menurut Chief Commercial Officer (CCO) of Financial Services OVO Rajiv Chandna, Indonesia membutuhkan jawaban sederhana perihal proteksi untuk masa depan. Hal itu menjadi gambaran besar dalam visi OVO untuk menyediakan produk keuangan yang sederhana di Indonesia.

Di sisi lain, kata Rajiv, OVO juga memiliki permintaan atau demand yang sangat besar sehingga ini merupakan kesempatan untuk bisa membawa sebuah produk inovatif kepada konsumen. Baik itu investasi, asuransi, atau produk pinjaman sederhana.

“Ketika kita melihat investasi, jelas bahwa konsumen yang menyimpan berjuta-juta US dolar dalam aplikasi OVO setiap waktunya, kita punya kesempatan untuk memberikan mereka sesuatu produk yang sangat sederhana melalui produk ini,” katanya saat diwawancarai Media Indonesia secara virtual, kemarin.

Karena itu, OVO menghadirkan produk reksa dana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI) yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar di dunia. Dengan produk tersebut, investor dimudahkan untuk memindahkan uang atau saldo mereka ke dalam akun investasi yang sederhana kemudian mendapat return dari uang tersebut.

Di saat bersamaan, Rajiv menilai orang Indonesia juga sangat erat dengan kebutuhan uang cash atau saldo aktif. Dalam hal ini, OVO juga memberikan kesempatan untuk mencairkan uang dari fitur Invest ini hanya dengan sekali klik.

“Hanya dengan sekali klik, pengguna dapat mengembalikan uang mereka ke saldo aktif dan dan kembali meng-gunakannya kapan pun mereka mau,” ujarnya.

Disinggung mengenai alasan OVO menggandeng Bareksa dan Manulife dalam peluncuran produk ini, Rajiv mengatakan pihaknya ingin menghadirkan yang terbaik untuk para pelanggan OVO melalui perusahaan-perusahaan tepercaya di bidang masing-masing.

“Kita harus memastikan bahwa dengan menyodorkan ketiganya, para calon investor merasa percaya diri sepenuhnya dalam mengambil langkah pertamanya untuk berinvestasi. ‘Ini OVO, lho, brand yang saya percaya, mereka telah menjaga uang saya selama 3 tahun. Ini Manulife, bukan hanya Indonesia tapi secara global telah mengelola jutaan dolar. Bareksa, Anda tahu, mutual fund distributor terbesar di Indonesia, dipercaya oleh OJK dan jutaan penggunanya’,” ungkapnya.

Hal lain yang membuat produk ini menarik adalah bahwa MOBLI tidak dapat dibeli di mana pun selain di aplikasi OVO. Rajiv meyakinkan bahwa reksa dana pasar uang yang dihadirkan OVO merupakan salah satu produk teraman untuk investor pemula.

“Ini juga memiliki imbal hasil yang bagus. Dan terpenting produk ini datang dari tiga brand yang terjamin keamanannya,” tegasnya.

 

Keamanan terjamin

Bagi OVO, kata Rajiv, sebuah produk hampir selalu menjadi langkah sekunder. Sementara hal pertama yang harus diperhatikan adalah apa yang dibutuhkan konsumen.

“Orang-orang tidak memikirkan produk finansial. Kita tidak membeli asuransi, yang kita butuhkan misalnya mobil baru, motor. Dan kita khawatir itu rusak. Atau kita baru punya bayi, dan kita khawatir misalnya bayi kita sakit. Atau kita punya bayi lagi dan butuh hunian yang lebih besar yang ingin kita beli,” ungkapnya.

“Yang kita lakukan bukan menciptakan banyak ide produk tapi lebih kepada apa yang konsumen Indonesia butuhkan. Di Indonesia misalnya bank, perusahaan asuransi, belum mampu memenuhi kebutuhan itu karena terlalu fokus kepada banyak produk,” imbuhnya.

OVO juga melihat peluang dari permasalahan yang dihadapi rata-rata investor yakni soal penggunaan bank account untuk bertransaksi. Rajiv mengatakan bahwa ini adalah kesempatan bagi dompet digital untuk menyediakan kemudahan bertransaksi kepada pelanggan antara lain dalam investasi surat berharga negara.

“Melalui Aplikasi OVO, mereka harapannya dapat membeli surat berharga negara, mereka dapat menebus surat berharga negara tanpa biaya transaksi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, dengan berinvestasi di OVO, pengguna bisa dengan mudah mengecek berapa uang yang didapat dalam sebulan, dua bulan, atau tiga bulan terakhir. Selain itu mereka dapat memeriksa apakah value dari investasi ini turun atau naik berdasarkan data bulanan.

“Anda jangan khawatir bahwa kita mencoba untuk menyembunyikan apapun dari Anda. Kita buat segalanya mudah. Hanya dengan menggunakan aplikasi OVO, dua kali klik langsung bisa beli. Sekali klik, uang Anda bisa ditarik kembali,” tegas Rajiv.

“Jadi itulah kemudahan yang kita hadirkan kepada konsumen untuk kegunaan yang mudah. Dan kita sangat beruntung OVO punya teknologi yang tinggi dan canggih untuk melakukan-nya,” pungkasnya. (Ifa/S-2)

BERITA TERKAIT