02 February 2021, 12:12 WIB

BRIAPI, Open API Pertama di Asia Tenggara Meraih PA-DSS & ISO:2700


mediaindonesia.com | Ekonomi

PIONIR open banking API di Indonesia, BRIAPI dari BRI, menjadi Open API pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan sertifikasi PA-DSS (Payment Application Data Security Standard) dari PCI Security Standard Council di Amerika Serikat. Hal ini melengkapi BRIAPI yang sebelumnya telah menjadi yang pertama di Indonesia dalam memperoleh sertifikasi ISO:27001.

PADSS merupakan standard keamanan data bagi aplikasi pembayaran maupun integratornya, terkait penyimpanan, proses, maupun transmisi dari setiap data pelanggannya.

Hal ini penting untuk menjaga keamanan dari data pribadi dan keuangan, dalam setiap transaksi yang dilakukan. Atas berbagai inovasi dan jaminan keamanan yang diberikan, hingga akhir 2020 BRIAPI berhasil mencatat pertumbuhan 290 persen dari tahun sebelumnya dengan Sales Volume lebih dari Rp 43 triliun.

BRIAPI saat ini telah mendukung transaksi perbankan digital di lebih dari 200 perusahaan mitra, mulai dari marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, ride-hailing dan fintech seperti Gopay, OVO, LinkAja, Traveloka, dan Investree, universitas, perusahaan non-digital.

Selain itu, BRIAPI juga mendukung transaksi kementerian, pemerintah daerah, dan instansi pemerintahan lainnya seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud), Koperasi Jaringan Masyarakat Indonesia Sejahtera (KJMIS). BRIAPI juga telah digunakan untuk melayani lebih dari 50% kantor cabang BRI di seluruh Indonesia dan terus bertambah seiring jalannya waktu.

Diluncurkan pada 2019, BRIAPI berhasil menyederhanakan proses integrasi produk dan layanan dari BRI untuk berbagai aplikasi front-end, sehingga waktu integrasi dapat dipersingkat dari dua minggu menjadi hanya kurang dari satu jam. 

BRIAPI diciptakan sebagai perwujudan strategi BRI untuk mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi Indonesia, serta mendukung pembangunan industri fintech melalui sinergi dan kolaborasi.

Dalam pernyataan persnya Direktur Digital dan Informasi Teknologi BRI, Indra Utoyo mengatakan bahwa selain efisiensi, faktor keamanan data pelanggan juga menjadi prioritas BRI.

Oleh karena itu, BRI memastikan BRIAPI menjadi platform yang aman diintegrasikan dan digunakan oleh seluruh mitra kami, dengan memenuhi standar keamanan data hingga di level internasional. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT