26 January 2021, 23:06 WIB

Era Kolaborasi, Indonesia Perlu Perluas Pasar Ekspor


Fetry Wuryasti | Ekonomi

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan,  di era kolaborasi, hadir situasi perdagangan baru. Maka Indonesia perlu perluas pasar ekspor.

"Tugas saya di masa mendatang, kita perlu menyiapkan agar Indonesia bisa menjadi pelaku di barang berteknologi tinggi. Ini mesti kita kerjakakan dengan kolaborasi," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam Webinar Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Selasa (26/1).

Ekspor Indonesia, menurut dia, banyak barang sensitif yang bisa dijual ke negara dengan untraditional market. Dahulu kerja sama perdagangan bilateral dengan Indonesia hanya dengan Jepang melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). 

Baca juga : Pandemi, Ekspor Ikan Hias dari Bandung Justru Meningkat

Kemudian kerja sama berkembang dengsn skema Asian dan Preferensial Trade Agreement dengan Pakistan.

"Hari ini kita punya kerja perdagangan bebas dengan Australia. Lalu juga European Free Trade Association (EFTA) seperti Swiss, Norwegia, dan Islandia. Sebab menjual baja tanpa perjanjain perdagangan bebas sangat sulit, mobil apalagi. Sehingga untraditional market akan kita buka. Dalam perjalanannya, Indonesia akan membuka kerja sama dengan banyak negara lain," kata Lutfi. (OL-7)

BERITA TERKAIT