19 January 2021, 01:31 WIB

Asosiasi Tawarkan Pemerintah Adakan Vaksinasi Covid-19 di Mal


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

KETUA Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mendukung program vaksinasi covid-19 yang dijalankan pemerintah. Pihaknya menawarkan agar vaksinasi tersebut dapat dilakukan di pusat perbelanjaan atau mal. 

"Kami menawarkan tempat kami untuk pemerintah mengadakan vaksinasi di pusat belanja, sehingga lebih cepat terdistribusi," kata Ellen dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/1).

Pengelola mal, ungkap Ellen, bakal mengawasi jalannya program vaksinasi covid-19. Dengan usulan tersebut, dia berharap masyarakat kembali antusias untuk datang dan berbelanja di mal.

"Suasananya bisa kami awasi, daripada harus dilakukan ke tempat lain misalnya di kelurahan, mal siap dijadikan tempat vaksin," terang Ellen.

Dirinya menegaskan, mal-mal di Jakarta telah menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Oleh karenanya, hal itu menjadi pertimbangan vaksinasi dapat dilakukan di mal. 

Baca juga : Meski Pandemi, Perusahaan Ritel Ini Tetap Tumbuh Pesat

"Kami tegaskan bahwa mal di Jakarta bukan klaster covid-19. Kami terus melakukan protokol kesehatan agar masyarakat yang datang tidak khawatir (soal penularam covid-19 dan tenang," tutur Ellen.

Dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali, Ellen menyatakan, kunjungan ke pusat perbelanjaan di DKI Jakarta turun 8% menjadi 32 persen. 

Penurunan jumlah pengunjung ini dikarenakan adanya pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan yang hanya sampai pukul 19.00 WIB. Ditambah, kata Ellen, dine in atau makan di tempat juga hanya diizinkan sebanyak 25%.

"Peraturan-peraturan yang selalu dikenakan kepada kami, bilamana ada peraturan apapun yang muncul setiap PSBB ataupun PPKM selalu pusat perbelanjaan menjadi sasaran tembak," pungkas Ellen. (OL-7)

BERITA TERKAIT