17 January 2021, 23:45 WIB

Saatnya Menyasar Pasar Hunian di Bawah Rp1 Miliar


mediaindonesia.com | Ekonomi

MENGAWALI 2021, kalangan pengembang properti banyak membidik pasar hunian dengan segmen harga di bawah Rp1 miliar. Kondisi pasar yang kini mulai bergairah setelah hampir setahun dihantam dampak pandemi, diyakini akan makin memperbesar segmen pasar tersebut. 

Direktur PT Ciputra Development Tbk, Harun Hajadi mengatakan proyeksi 2021 akan lebih bagus untuk segmen pasar hunian di bawah Rp1 miliar. Menurut dia, hal itu lantaran para investor sudah kembali melirik properti sebagai instrumen investasi yang kebal pandemi.

"Saat ini kondisi sektor properti sudah mulai kembali bergairah. Apalagi sekarang investor sudah kembali masuk dan cukup besar," kata Harun dalam siaran pers, Minggu (17/1).

Bahkan saat investor menghilang dari pasar dan pembelian properti perumahan didominasi enduser seperti tahun lalu, pertumbuhan pasar untuk segmen hunian di bawah Rp1 miliar cukup signifikan.

Ia menyontohkan Citraland Cibubur yang tahun lalu cukup berhasil memasarkan Cluster The New Areca yang memang membidik segmen pasar tersebut. 

"Sekarang kami meluncurkan produk- produk baru yang menyentuh segmen milenial sampai saat ini. Karena, kami melihat pertumbuhan hunian di segmen milenial di CitraLand Cibubur ini naik hingga 85% dengan harga di bawah Rp1 miliar di tahun lalu,” jelas Harun.

Dengan keberhasilan itu, di awal 2021 ini, ia melanjutkan, Citraland Cibubu melansir klaster hunian terbarunya, yakni Cluster Monterrey. Masih menyasar segmen hunian seharga di bawah Rp1 miliar, klaster ini mengusung konsep smart living.

CitraLand Cibubur menghadirkan 302 unit hunian di Cluster Monterrey yang akan mulai dipasarkan awal Februari 2021. Unit rumah di Cluster Monterrey ditawarkan dengan harga jual tunai mulai dari Rp600 jutaan hingga Rp800 jutaan.

Menurut Department Head Marketing & Sales Citraland Cibubur, Galih PS Putri, klaster baru itu dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 7 hektare dengan ini mengusung konsep trendy, stylish, tapi tetap dengan harga yang terjangkau.  

“Monterrey memadukan konsep desain modern kontemporer dengan kebutuhan smart living yang cocok untuk keluarga muda dan generasi milenial. Rancangan desainnya bernuansa eklektik, karena cenderung mengambil inspirasi dan gaya dari era yang berbeda," ujar Putri.

Penataan ruangan unit di Monterrey ditata sesuai dengan kebutuhan dan gaya keluarga muda dan kaum milenial. Konsepnya kompak dan fungsional. Setiap rumah juga dilengkapi dengan spesifikasi fitur smart home berupa smart door lock, lamp sensor motion, CCTV, serta akses fiber optik.

“Melihat tingginya respons pasar di produk kami sebelumnya, kami yakin klaster baru Montterrey ini akan terserap habis dalam 1-2 bulan sejak diluncurkan," kata dia 

Optimisme ini tidak berlebihan melihat pencapaian Citraland Cibubur di 2020 terbilang cukup luar biasa. Di saat pasar lesu akibat pandemi, mereka berhasil membukukan pencapaian target tahunan di kuartal ke-3 tahun 2020. (RO/X-12)

BERITA TERKAIT