14 January 2021, 22:25 WIB

Sandiaga Bakal Kembangkan 244 Desa Wisata


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan mengembangkan ratusan desa untuk menarik wisatawan, baik dari turis dalam negeri atau asing.

Meski tidak merinci, ia menyebut desa-desa tersebut akan mendapat pendampingan dalam memajukan pariwisata lokal.

"Kami akan profiling 244 desa wisata yang akan kita lanjutkan dengan program pendampingan. 244 desa ini agar menjadi desa wisata mandiri dan tersertifikasi desa berkelanjutan," jelas Sandiaga dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI secara virtual, Kamis (14/1).

Dia mencontohkan, salah satu desa yang akan dipercantik untuk menggaet wisatawan ialah di Desa Pasir Panjang di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Desa tersebut memiliki seluas 21.764 km2.

"Waktu kunjungan saya ke Desa Pasir Panjang, jika dikembangkan akan berdampak besar terhadap masyarakat sekitar," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga menegaskan, pengembangan desa wisata tidak hanya terfokus pada lima destinasi super prioritas (DSP) semata. Menurutnya, desa wisata di provinsi lain juga akan dikembangkan optimal dalam menarik kunjungan wisatawan.

Pengembangan produk wisata dengan memaksimalkan kekuatan budaya lokal diyakini menjadi salah satu strategi yang penting untuk dijalankan pihaknya.

"Pengembangam desa wisata ini bukan saja di daerah destinasi super prioritas, tapi daerah lain juga. Kami akan terus mendorong pengelolaan desa wisata," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT