13 January 2021, 20:24 WIB

5 Produk UMKM Siap Incar Pasar Jemaah Haji dan Umrah


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menuturkan, ada lima produk yang bakal disuplai oleh UMKM untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji dan umrah di Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Teten dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah soal kesepakatan produk UMKM untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji dan umrah, secara virtual, Rabu (13/1).

"Sebagai permulaan terdapat lima item produk yang akan disuplai oleh UMKM asal Indonesia, yaitu sambal, kecap, kopi, teh dan gula," kata Teten.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Teten mengatakan, pasar UMKM akan lebih terbuka lebar dalam jaringan rantai pasok perdagangan internasional.

Baca juga : Makin Dipercaya Masyarakat, Meccaya Raih Superbrand Award 2020

"Kementerian Koperasi dan UKM mendorong partisipasi UKM dalam memenuhi kebutuhan jemaah haji dan umrah. Langkah kolaborasi ini merupakan kunci sukses untuk memajukan UMKM Indonesia agar mendapatkan pasar yang lebih luas," jelas Teten.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, pihaknya sudah mendapatkan persetujuan izin beredar makanan dari Saudi Food and Drug Authority (SFDA) terhadap lima produsen kecap UMKM dari Indonesia.

"Untuk kopi ada 4 (produk) masih menunggu persetujuan (SFDA), teh ada 5 lagi masih menunggu. Insyaallah yang kopi dan teh sudah diindikasikan (setuju). Sambal juga kita masih menunggu persetujuan," pungkas Rosan. (OL-7)

BERITA TERKAIT