13 January 2021, 20:21 WIB

Bertemu Luhut, Menlu Tiongkok Janji Investasi di Danau Toba


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi melakukan kunjungan kerja ke kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada Selasa (12/1).

Kedatangan tersebut bukan tanpa alasan. Tiongkok dikabarkan akan membangun hotel dan ruas tol di tempat wisata tersebut.

Keberadaan Wang Yi dan delegasi Tiongkok lainnya di Danau Toba ditemani Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kepada Pak Wang Yi, Pak Menko Luhut mengajak Tiongkok untuk berinvestasi hotel di Kawasan Wisata Danau Toba," ungkap Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi kepada Mediaindonesia.com, Rabu (13/1).

Meski tidak menyebutkan secara detail apa saja bentuk kerja sama kedua negara, Jodi mengatakan, Tiongkok bakal meningkatan kerjasama strategis di bidang maritim, investasi dan perdagangan.

"Tiongkok juga ditawarkan untuk ikut pengembangan ruas-ruas jalan tol menuju kawasan Toba," jelas Jodi.

Wang Yi bersama pejabat Tiongkok lain diagendakan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi siang tadi untuk pembahasan kerja sama bilateral.

Sementara itu, dalam unggahan Luhut di sosial medianya disebutkan, lawatan Wang Yi merupakan safari beliau ke Asia Tenggara yang salah satunya ke Indonesia.

"Kedatangan beliau betul-betul saya gunakan untuk membicarakan kerja sama investasi dan beberapa proyek strategis, pariwisata hingga pemulihan ekonomi nasional. Saya sampaikan harapan saya kepada beliau tentang adanya komitmen kuat untuk mengimplementasikan kesepakatan strategis bilateral kedua negara," terang Luhut. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT