13 January 2021, 17:47 WIB

Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Rupiah dan IHSG Kompak Menguat


Fetry Wuryasti | Ekonomi

DALAM perdagangan Rabu (13/1), rupiah ditutup menguat 70 poin di level 14.060 dari penutupan sebelumnya di level 14.130. Penguatan juga terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 0,62%  menjadi 6.435,2.

Vaksinasi covid-19 massal resmi dimulai pagi tadi. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi warga Indonesia pertama yang mendapat suntikan vaksin buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac. Setelah Jokowi, ada beberapa pejabat yang ikut divaksinasi.

"Meski prosesnya akan memakan waktu yang cukup panjang agar vaksinasi di seluruh Indonesia selesai, tetapi harapan hidup normal berangsur-angsur kembali menjadi kenyataan. Dan yang terpenting perekonomian bisa kembali bangkit," kata Ibrahim Assuaibi Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Rabu (13/1).

Distribusi vaksin covid-19 menjadi kunci pemulihan ekonomi. Tanpa vaksin, masyarakat masih akan defensif sehingga pertumbuhan penawaran tidak seimbang dengan permintaan.

Tanpa distribusi vaksin yang cepat, pemulihan ekonomi akan lebih mengarah ke u-shaped ketimbang v-shaped. Untuk perdagangan besok pagi, ia memperkirakan mata uang rupiah kemungkinan dibuka pada kisaran level 14.000-14.100.

Di sisi lain, IHSG menguat karena didorong sektor tambang (+4,17%) dan industri dasar (+1,56%). "Investor masih akan mencermati beberapa data ekonomi serta perkembangan pemberian vaksin covid-19 di Indonesia," kata analis Artha Sekuritas Dennies Christoper. (OL-14)

BERITA TERKAIT