12 January 2021, 21:28 WIB

Wapres Ajak Qatar Investasi di Sektor Industri Halal


Emir Chairullah | Ekonomi

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin mengajak Pemerintah Qatar menanamkan modalnya di sektor industri halal yang sedang gencar dikembangkan di Indonesia. 

Investor asal Qatar nantinya bisa mengembangkan investasinya di berbagai kawasan ekonomi khusus yang diperuntukkan untuk industri tersebut. 

“Kami punya berbagai kawasan ekonomi khusus, bahkan kami sedang mengembangkan industri halal di Indonesia. Oleh karena itu, kami mengajak Pemerintah Qatar untuk berinvestasi ke Indonesia dan kami sangat terbuka," kata Ma’ruf saat menyampaikan tawaran tersebut secara langsung kepada Duta Besar Qatar untuk Indonesia Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti melalui video conference, di Jakarta, Selasa (12/1).

Menurut Ma’ruf, potensi industri halal di pasar dunia sangat besar. Apalagi Indonesia saat ini memiliki sumber daya untuk mengembangkan industri tersebut. 

“Potensi industri halal di Indonesia sangat besar. Jadi, sekaligus kami ingin mengajak untuk mempererat hubungan dan kerja sama ekonomi dan investasi," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia optimistis bisa menjadi produsen produk halal terbesar di dunia. Apalagi konsumsi produk halal dunia terus meningkat setiap tahunnya. 

Diperkirakan permintaan global akan produk halal pada 2024 mencapai US$3,2 triliun atau meningkat US$1 triliun dibandingkan permintaan pada 2018 sebesar US$2,2 triliun.

Terkait ajakan Wapres, Dubes Fawziya menanggapi positif tawaran untuk berinvestasi di Indonesia. pihaknya akan meneruskan ajakan tersebut kepada Pemerintah Qatar untuk dapat segera ditindaklanjuti. 

“Segala hal yang ditawarkan, kami akan terima semuanya untuk bisa ditindaklanjuti, dan kami di Kedutaan Besar akan meneruskan ke Pemerintah Qatar agar terjadi percepatan," katanya. (OL-8)

BERITA TERKAIT