12 January 2021, 12:40 WIB

Siap Jalani Penugasan di Pelabuhan Patimban


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PEMERINTAH telah mengoperasionalkan Pelabuhan Patimban Subang demi memenuhi pelayanan transportasi dan kebutuhan logistik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk menunjang langkah itu, pemerintah melalui Kemenhub menunjuk Badan Usaha Pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai operator sementara pelabuhan tersebut.

Dalam keterangannya Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan Agus Purnomo menyatakan Pelabuhan Patimban terus diupayakan agar semakin lama semakin hidup supaya ekonomi juga bertambah dan bertumbuh cepat.

Baca juga: Jokowi Resmikan Operasional Perdana Pelabuhan Patimban

“Pelindo III sebagai BUMN yang telah mengelola 44 Pelabuhan se-Indonesia mendapat kepercayaan Pemerintah untuk menjadi pengelola  sementara Pelabuhan Patimban ini, kata Agus Purnomo saat melakukan Launching Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan LDF (Long Distance Ferry) di Pelabuhan Patimban Subang, Minggu (10/01) lalu yang ditandai dengan pemberangkatan perdana kapal roll on-roll off atau roro.
                                  
Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo III U Saefudin Noer berterima kasih atas kepercayaan pemerintah dalam hal ini Menteri Perhubungan dan akan melaksanakan penugasan  sebagai operator sementara pelabuhan Patimban ini  secara optimal.

“Pelindo III group sedang terus menyiapkan operasi pelabuhan Patimban untuk melaksanakan amanah ini dan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan,“ ujar Saefudin

Komitmen itu ditunjukkan dengan kehadiran jajaran Direksi PT Pelindo III (Persero) dalam acara Launching Perdana tersebut seperti Direktur Operasi dan Komersial Putut Sri Muljanto, Direktur Teknik Boy Robyanto, Direktur Transformasi Bisnis dan Pengembangan Bisnis Kokok Susanto.

"Pada hari ini selain saya, ada 3 direktur Pelindo III lainnya yang hadir, Pertama Direktur Transformasi Bisnis dan Pengembangan Bisnis  untuk menyiapkan transisi sedemikian rupa agar pengembangan bisnis sesuai dengan arahan," ujar Saefudin.

“Kedua yaitu Direktur Teknik  yang  akan mengevaluasi kesiapan teknis pelabuhan ini untuk dapat beroperasi sementara  pada  masa transisi ini,   selanjutnya Direktur Operasi dan Komersial  yang kami tugaskan   bekerjasama dengan seluruh stakeholder di sini untuk memastikan program berjalan dengan sukses sesuai dengan arahan pemerintah."

Menurutnya Pelindo III juga melibatkan anak usahanya  PT Terminal Teluk Lamong yang berpengalaman dalam operasi kelas internasional. Pada kesempatan itu hadir Dirutnya Faruq Hidayat dengan dua Direksinya Warsilan dan Wahyu Widodo sebagai salah satu Badan Usaha Pelabuhan yang akan turut mendukung penugasan dan operasi internasional di Patimban.

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, penetapan lintas Patimban - Panjang ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan Over Dimension Over Load (ODOL) serta mengurangi tingkat polusi udara dari emisi gas buang angkutan jalan.

“Hal ini juga untuk memperlancar distribusi logistik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sekitarnya karena Pelabuhan Patimban memiliki peran strategis dalam pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat maupun secara nasional,” jelas Dirjen Budi.

Langkah ini diamini Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi. yang menyatakan siap mendukung optimalisasi Pelabuhan Patimban, Subang melalui kapal ferry jarak jauh (long distance ferry / LDF) dengan tiga rute baru yakni Patimban-Panjang, Patimban-Pontianak, dan Patimban-Banjarmasin yang akan dilayani dengan KMP Ferrindo 5. (Ant/A-1)

BERITA TERKAIT