12 January 2021, 11:02 WIB

Tiongkok Incar Kerja Sama Investasi Pariwisata


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok Wang Yi mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara. Selama kunjungan itu, keduanya juga membahas rencana investasi Tiongkok di sektor pariwisata.

"Pak Luhut dan Wang Yi membahas lebih spesifik dan detil kerja sama investasi dan proyek strategis, kerja sama pariwisata dan program pemulihan ekonomi nasional lainnya," ungkap Juru Bicara Luhut Jodi Mahardi kepada Media Indonesia, Selasa (12/1).

Luhut dan Wang Yi, kata Jodi, juga membahas progress pembicaraan kerja sama yang sempat dirundingkan pada pertemuan kedua belah pihak di Tiongkok pada tahun lalu.

Wang Yi juga diagendakan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Rabu (13/1).

"Pertemuan di Danau Toba ini juga mematangkan pembicaraan sebelum besok Wang Yi menghadap Presiden RI," kata Jodi.

Sebelumnya, Luhut mengatakan, hubungan bilateral Indonesia dengan Tiongkok banyak terjalin dan dapat dimanfaatkan peluang tersebut untuk membangun pariwisata Danau Toba. Dia menyebut, pemerintah tengah fokus membangun kemajuan destinasi wisata yang terdampak akibat covid-19.

"Banyak kerja sama kita dengan Tiongkok yang sekarang berjalan. Bulan depan mudah-mudahan Menteri Luar Negeri (Tiongkok) datang kemari, dia lihat ini kan cantik sekali (Danau Toba). Kita minta mereka bangun hotel satu di sini," ungkap Luhut dalam audio yang diterima, usai acara Indonesia-Tiongkok Investment Forum di Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020). (E-3)

BERITA TERKAIT