29 December 2020, 19:00 WIB

Sempat Dilarang, AirAsia Diizinkan Terbang ke Pontianak Mulai Esok


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PEMPROV Kalimantan Barat mengizinkan maskapai penerbangan AirAsia Indonesia beroperasi kembali ke Pontianak. Seperti diketahui, maskapai tersebut sempat mendapat sanksi larangan penerbangan ke daerah itu karena ditemukan penumpang yang positif covid-19 beberapa waktu lalu

"AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) akan beroperasi kembali di rute Jakarta-Pontianak-Jakarta mulai Rabu, 30 Desember 2020,"sebut perseroan dikutip dari laman resmi AirAsia Indonesia, Selasa (29/12).

AirAsia mengimbau seluruh penumpang yang akan menuju Pontianak untuk mempersiapkan persyaratan surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 7 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Dijelaskan juga untuk penumpang AirAsia rute dari dan menuju Pontianak dengan keberangkatan 28 dan 29 Desember 2020, telah menerima informasi pembatalan penerbangan dan memilih kompensasi melalui email.

Sebelumnya, Ketua Umum  Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja mengungkapkan, kedua maskapai penerbangan tersebut tidak perlu diberikan sanksi.

Dia berpendapat, maskapai maupun bandara tidak memiliki tanggung jawab atas pemeriksaan calon penumpang terhadap status kesehatan dan Covid-19

"Kami sampaikan bahwa maskapai Air Asia dan Batik tidak seharusnya mendapatkan sanksi larangan terbang akibat penumpang teridentifikasi positif Covid-19 menuju Pontianak atas surat Gubernur Kalimantan Barat," ujar Denon dalam keterangannya, Sabtu (26/12). (OL-8)

 

BERITA TERKAIT