29 December 2020, 18:23 WIB

2021, Menhub Targetkan Jumlah Penumpang MRT dan LRT Capai 3 Juta


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan transportasi Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) dapat mengangkut 3 juta penumpang di 2021.

Pemerintah berencana mengoptimalkan layanan MRT, LRT, serta KRL sebagai alat transportasi umum utama bagi masyarakat.

Baca juga: Wapres Sebut SDM di Bidang Ekonomi-Keuangan Syariah Belum Memadai

"Kalau sekarang KRL sudah melayani 1 juta penumpang yang akan datang kami targetkan MRT, LRT dan KRL dapat melayani penumpang dua hingga 3 juta orang," kata Budi dalam acara Kaleidoskop 2020: Komitmen Negara Membangun Infrastruktur Konektivitas yang digelar secara virtual, Selasa (29/12).

Ketiga transportasi umum tersebut, diharapkan tidak hanya digunakan secara masif oleh warga Jakarta semata. Budi menegaskan, warga Surabaya, Medan dan lainnya dapat mengandalkan moda transportasi itu dalam beraktivitas.

"Antar moda ini bukan saja ada di Jakarta, tapi juga (dioptimalkan) di Surabaya, di Bandung, dan kota besar lainnya. Masyarakat kita arahkan ke angkutan massa," jelas Menhub.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, pembangunan infrastruktur menjadi hal penting dalam kebangkitan ekonomi nasional.

"Pembangunan infrastruktur adalah kunci penting transformasi ekonomi nasional. Kita harus melakukan pembangunan infrastruktur untuk dapat menurunkan biaya logistik," kata Luhut.

Sejumlah proyek infrastruktur yang akan dilanjutkan pada 2021 diantaranya, pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban, Jawa Barat. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT