30 November 2020, 05:15 WIB

Maybank Bagikan Dividen Interim


Iam/E-3 | Ekonomi

MAYBANK, bank keempat dengan aset terbesar di Asia Tenggara, mengumumkan dividen interim akan dibagikan sebesar 13,5 sen (Rp468,3) per saham hingga sembilan bulan yang berakhir 30 September 2020. Dividen akan dibayarkan berdasarkan rencana reinvestasi dividen (dividend reinvestment plan/DRP) atau secara tunai.

Chairman Maybank, Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani Mohd Isa, mengatakan dengan peningkatan kinerja kuartal ketiga, Maybank telah memutuskan untuk melanjutkan pembayaran dividen interim kepada para pemegang saham meskipun dengan nilai yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sebelumnya sehubungan dampak pandemi covid-19.

“Meskipun posisi permodalan Maybank tetap kuat, kami akan tetap mengambil sikap berhati-hati dengan DRP, di mana seluruh porsinya dapat dipilih. “Prioritas kami adalah untuk selalu berupaya menyeimbangkan kepentingan pemegang saham,” kata Dato’ Sri Zamzamzairani melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Dalam keterangannya, Maybank mengumumkan laba bersih pada kuartal III yang berakhir 30 September 2020 sebesar RM1,95 miliar (Rp6,76 triliun). Laba bersih kuartal III ini meningkat jika dibandingkan dengan kuartal II 2020.

Pada kuartal II Maybank meraih laba bersih RM941,7 juta (Rp3,2 triliun). Laba sebelum pajak pada kuartal III 2020 juga tumbuh pada RM2,61 miliar (Rp9 triliun) dari RM1,26 miliar (Rp4,3 triliun) pada kuartal II.

Sementara itu, Group President & CEO Datuk Abdul Farid Alias mengatakan Maybank telah berupaya untuk memitigasi dampak dari modification loss, penurunan suku bunga dan provisi yang lebih tinggi melalui berbagai inisiatif, seperti memastikan pertumbuhan di segmen community financial services, merealisasikan nilai dari beberapa investasi, mengurangi biaya pendanaan dan mengelola overhead secara ketat sambil memastikan grup untuk terus berinvestasi di bidang yang dibutuhkan.

“Fokus kami ke depan ialah memanfaatkan kapabilitas manajemen risiko, operasional yang terdiversifikasi, dan kekuatan digital untuk mendorong bisnis kami di tahun mendatang. Pada saat yang sama, kami tetap berkomitmen untuk mendukung para pemangku kepentingan selama masa ini supaya mereka dapat tetap berjalan selalu,” ungkapnya. (Iam/E-3)

BERITA TERKAIT