27 November 2020, 15:55 WIB

Jelang Libur Nataru, Okupansi Pemesanan Kamar Hotel Meningkat


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

JELANG libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jatuh pada 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, okupansi pemesenan kamar hotel meningkat. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kreatif Wishnutama Kusubandio mencontohkan hotel di kawasan Benoa, Nusa Dua, Bali, menembus angka 80%.

"Beberapa hotel di Benoa tingkat okupansinya sudah 80% booking hotelnya sampai Desember. Ini sebetulnya sudah menggeliat dan akan bertambah terus," ujar Wishnutama dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata (DPSP) dalam kanal Youtube Kemenko Marves, Jumat (27/11).

Wishnutama menuturkan dengan fakta tersebut membuktikan sektor pariwisata bertumbuh di tengah pandemi. Ia juga menyebut pelaku pariwisata berharap dengan libur Nataru bisa meningkatkan pendapatan mereka.

"Pelaku pariwisata sangat berharap dengan libur akhir tahun bisa terbantu," ucapnya.

Baca juga:  Pandemi, Steak Hotel by Holycow Dukung Kreativitas Masak di Rumah

Wishnutama meminta pemerintah untuk mempertimbangkan soal pemangkasan libur panjang akhir tahun. Menurutnya, hal itu bakal berdampak pada pertumbuhan sektor pariwisata ke depannya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan pemerintah meminta ada pengurangan hari libur atau cuti Nataru.

"Yang berkaitan dengan masalah libur cuti bersama akhir tahun termasuk libur pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Bapak Presiden berikan arahan supaya ada pengurangan (hari libur)," kata Muhadjir beberapa waktu lalu.(OL-5)

BERITA TERKAIT