26 November 2020, 23:55 WIB

Susul Empat Maskapai, Deraya Air Resmi Buka Rute Timika-Wamena


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Maskapai penerbangan Deraya Air secara resmi membuka penerbangan kargo barang rute Timika-Wamena yang akan dilakukan selama dua hingga tiga kali sepekan.

Kapten Pilot Mohammad Nazri yang ditemui usai mendarat perdana di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis (26/11), mengatakan penerbangan ini akan menambah rute yang sudah ada sebelumnya yaitu Sentani-Wamena.

"Saat ini kami hanya melayani penerbangan kargo saja. Untuk wilayah Papua kami layani rute Sentani-Wamena dan mulai sekarang ini juga melayani dari Timika ke Wamena. Dengan beroperasinya penerbangan ini semoga menjadi berkah bagi warga yang ada di Wamena maupun yang ada di Timika," kata Nazri.

Pada penerbangan perdana Deraya Air rute Timika Wamena, Kamis siang, pesawat tersebut mengangkut kargo beras Bulog sebanyak 14,5 ton. Sedangkan kapasitas maksimal pesawat Deraya Air jenis Boeing itu yakni sekitar 15 ton.

Kepala Bandara Mozes Kilangin Timika sisi utara yang dikelola PT AVCO Subagyo Hadidjan menyambut positif kehadiran maskapai Deraya Air yang ikut meramaikan penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Timika sudah semakin terbuka dan tentu kami mengapresiasi kerja keras Pemkab Mimika yang terus mengembangkan Bandara Timika sehingga nanti akan semakin banyak maskapai baru yang akan masuk ke Timika," kata Subagyo.

Dengan penambahan operator penerbangan yang khusus mengangkut kargo barang ke wilayah pedalaman Papua, Subagyo berharap kebutuhan logistik masyarakat di Papua, terutama di wilayah pedalaman bisa tercukupi, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Beberapa maskapai penerbangan yang sebelumnya sudah melayani penerbangan khusus kargo barang ke wilayah pedalaman Papua (Wamena) dari Timika yaitu Trigana Air, Jaya Wijaya Air, Tri MG, dan Malindo.  (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT