03 November 2020, 13:43 WIB

Chairul Tanjung Akuisisi 74% Saham Bank Harda Internasional


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PT Mega Corpora, perusahaan milik pengusaha Chairul Tanjung, mengakuisisi 73,71% saham PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI).

PT Mega Corpora menguasai 3,08 miliar saham dari seluruh yang ditempatkan di bank tersebut. Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (2/11), disebutkan kesepakatan perjanjian jual beli saham ditandatangani pada 16 Oktober 2020.

"Tujuan pengendalian kebijakan ini dalam mengembangkan perseroan untuk menjadi bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik dari segi operasional maupun permodalan," tulis Bank Harda Internasional di laman Bursa Efek Indonesia.

Dijelaskan, pelaksanaan pengambilalihan perseroan akan mengacu pada Peraturan Nomor 41/POJK.03/2019 tentang Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, Integrasi, dan Konversi Bank Umum. Disyaratkan bahwa direksi perseroan dan yang akan mengambil alih saham akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan.

Setelah itu, direksi mengajukan izin pengambilalihan kepada Otoritas Jasa Keuangan (pengawas perbankan). Pengambilalihan perseroan akan dilakukan melalui transaksi di pasar negosiasi di Bursa Efek Indonesia setelah diterimanya izin pengambilalihan dari Otoritas Jasa Keuangan. (OL-14)

BERITA TERKAIT