05 September 2020, 07:55 WIB

Sekecil Apapun Bantuan dari Pemerintah, Itu Sangat Berarti


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Di tengah pandemi, pemerintah berupaya memberikan bantuan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).  Seperti yang dilakukan PLN dengan pemberian diskon daya sebesar 75% kepada pengusahan UMKM.

Salah satu pelaku usaha skala UKM di bidang pakaian dan sepatu yang menjual produknya melalui akun Instagram @adorableprojects, Fajar Nugraha mengapresiasi langkah pemerintah tersebut.

"Bantuan sekecil apapun dari pemerintah pasti sangat berarti sih bagi pengusaha kecil maupun menengah," ungkap Fajar kepada Media Indonesia, Jakarta, Jumat (4/9).

Ia mengatakan, bantuan seperti subsidi listrik atau bantuan presiden (banpres) produktif bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM di tengah covid-19. Omzet yang menurun dan pemangkasan karyawan menjadi masalah utama yang dirasakan selama pandemi ini.

Selain itu, Fajar menyebut masalah lainya ialah mempertahankan kualitas produk yang ia jual. Pasalnya, bahan-bahan produksi yang selama ini di-import harus terhenti karena adanya pandemi.

"Saya lihat teman-teman usaha saya sangat terbantu dari pemerintah, baik itu listrik atau subsidi UMKM. Di masa pandemi yang paling penting itu kita tetap mempertahankan kualitas dan tetap menjaga agar brand kita tetap eksis," tuturnya,

Pemerintah, ungkap Fajar telah membuka jalur baru antara industri besar dengan industri kreatif itu. Hal itu diapresiasi pihaknya untuk menjaga kualitas produk yang dijual.

"Itu langkah yang bagus banget pemerintah membantu kami agar bisa ketemu dengan industri besar. Bahan dari luar impor susah masuk. Otomatis kita makan bahan yang seadanya. Pilihan kita mengikuti atau setop produksi," pungkas Fajar.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia Ikhsan Ingratubun juga sependapat  bahwa bantuan pemerintah sangat dibutuhkan pengusaha UMKM yang terdampak covid-19.

"Kami menyambut baik kalau ada subsidi dari pemerintah. Memang yang paling dibutuhkan adalah modal kerja," pungkasnya. (E-1)

BERITA TERKAIT