19 August 2020, 16:23 WIB

Apresiasi Tenaga Medis, Pemerintah Luncurkan Seri Prangko Covid-19


Dhika Kusuma Winata |

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan empat seri prangko terbaru dalam momentum Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI. Keempatnya ialah seri Presiden dan Wakil Presiden, 75 Tahun Indonesia Merdeka, Penanggulangan Covid-19, dan Artis/Grup Musik Ternama.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam seremoni peluncuran yang digelar secara virtual, Rabu (19/8), menyatakan penerbitan seri prangko khusus Penanggulangan Covid-19 yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berada dalam garda terdepan dalam melawan pandemi virus korona.

"Prangko seri Penanggulangan Covid-19 merupakan salah satu wujud apresasi pemerintah kepada para dokter dan tenaga medias yang menjadi pejuang, garda terdepan di bidang kesehatan dan telah menujukkan semangat dan integritas yang tinggi untuk membantu sesama dalam menghadapi pandemi," ucap Wapres Amin.

Wapres juga mengatakan seri prangko Artis/Grup Musik Ternama menjadi bentuk apresiasi kepada seniman atau musisi yang juga berkarya dan berkreasi untuk menginspirasi bangsa dalam melawan pandemi.

"Semoga para seniman dan musisi dapat terus berkarya, mengobarkan semangat berjuang menginsiprasi bangsa," ungkap Wapres.

Wapres menekankan prangko menjadi bagian penting bagi sejarah bangsa. Prangko bukan hanya sekadar alat bayar pengiriman pos namun juga menjadi media visualisasi keberagaman masyarakat dan kedaulatan negara.

"Prangko memiliki aktualitas atau peristiwa yang terjadi suatu waktu. Sekalipun kepingnya sangat kecil tapi sangat sarat mengandung berbagai fenomena. Sejalan dengan pergeseran cara berkomunikasi masyarakat, prangko tidak banyak lagi digunakan namun prangko masih menjadi media untuk mengabadikan momen khusus bersejarah, diplomasi, dan hubungan internasional," tuturnya.

Baca juga : Antisipasi Peningkatan Penumpang, Perjalanan Kereta Api Ditambah

Menkominfo Johnny G Plate menjelaskan seri prangko artis musik yang diluncurkan tersebut yakni prangko Titiek Puspa, Gesang, Gombloh, dan Chrisye. Adapun prangko grup musik yakni Koes Plus, Panbers, God Bless, dan Bimbo.

"Beberapa musisi ternama yang mendapat penghargaan untuk dijadikan prangko ini membuat lagu-lagu bertema covid-19 seperti lagu gubahan oleh Titiek Puspa dan Bimbo. Ini menunjukkan adanya hubungan antara keberadaan musisi Indonesia dengan perjuangan melawan dan memutus rantai pandemi covid-19," ucap Menkominfo.

Terkait dengam seri prangko Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, Menkominfo mengatakan prangko istimewa Kepala Negara dan Wakil Kepala Negara menjadi kelaziman diabadikan ketokohannya dalam gambar prangko. Hal itu sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada pemimpin negara.

Adapun terkait prangko seri 75 Tahun Indonesia Merdeka, Menkominfo mengatakan seri tersebut amat istimewa lantaran peringatan HUT ke-75 RI tahun ini Indonesia dilanda wabah virus korona.

"Ini menjadi sejarah dan kenangan perjuangan bangsa melawan pandemi covid-19. Selain mengenang pahlawan kemerdekaan sekaligus juga mengenang pahlawan kesehatan di zaman sekarang yang juga mempertaruhkan jiwa dan raga memerangi pandemi covid-19," ungkap Johnny. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT