09 July 2020, 14:05 WIB

Sambut HUT ke-75 Indonesia, Produk Lokal Diharapkan Mendunia


Mediaindonesia.com | Ekonomi

UNTUK menjadi bangsa yang besar dan disegani, sebuah negara harus bisa berdiri di atas kaki sendiri, termasuk Indonesia. Untuk itu perlu dukungan dari seluruh masyarakat agar Indonesia menjadi negara besar.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan atau mendukung produk-produk dalam negeri. Sebab hanya dengan begitu, kita tidak lagi dijajah produk-produk asing. Dalam menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia, produsen teh siap minum Tehbotol Sosro meluncurkan kampanye #LocalsUnite, yakni gerakan yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada merek-merek lokal, asli Indonesia yang inovatif dan orisinil.

Baca juga: Belanja Produk Lokal, Ekonomi Bergerak

Gerakan itu dirancang untuk memberikan dukungan kepada merek-merek lokal dan berkolaborasi bersama agar mereka dapat menjadi ikon Indonesia selanjutnya. Dijelaskan Direktur Utama PT Sinar Sosro, Sukowati Sosrodjojo, setelah berkarya lebih dari 50 tahun, ia merasa bahwa inilah saatnya mereka berbagi pengalaman.

Hal senada dikatakan Direktur Pemasaran PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti. Perjuangan yang dimulai dari industri rumahan di Slawi, Jawa Tengah, seperti perjalanan panjang Indonesia.  

"Keberhasilan Tehbotol Sosro adalah berkat ketekunan pendiri perusahaan kami. Beliau memegang teguh filosofi ‘niat baik, hasil baik.’ Pendiri kami percaya bahwa jika kita memperlakukan satu sama lain dengan baik, saling mendukung, dan menaburkan niat baik, maka niat baik itu akan memberikan hasil yang baik. Hal ini terbukti benar,” ujarnya, Kamis (9/7).

“Sekarang, kami ingin meneruskan niat baik kepada masyarakat Indonesia dengan meluncurkan gerakan yang akan memberikan dukungan penuh bagi merek lokal serta membantu mereka menjadi ikon Indonesia selanjutnya. Tahun ini adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan gerakan ini karena bangsa kita sedang menghadapi sebuah tantangan yang tak terduga."

"Kita harus tetap semangat apalagi tahun ini kita menyambut 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Di masa yang penuh tantangan ini, Indonesia harus saling merangkul dan melakukan hal-hal dengan niat baik,” tegasnya

Sabrina mengatakan bahwa #LocalsUnite mencakup tiga hal. Pertama, memberi dukungan kepada kreator Indonesia yang memiliki ide orisinil dan inovatif di berbagai kategori, seperti makanan dan minuman, pakaian dan seni. Kedua,  wadah yang menyatukan merek-merek menjanjikan dan menunjukkan kemampuan mereka kepada Indonesia dengan berbagai cara. Hal tersebut akan menciptakan ekosistem di mana masyarakat dapat mendukung merek-merek ini. Kreator, pembuat, dan UKM, dapat bermitra satu dengan lainnya.

"Sekarang adalah momentum yang tepat untuk menebar niat baik bagi merek-merek lokal yang memiliki potensi yang cemerlang.”

Semangat mengusung karya asli datang dari semangat Tehbotol Sosro yang terus mempertahankan 100% produksi sendiri dan 100% karya orang Indonesia. Semuanya dilakukan oleh orang Indonesia, untuk Indonesia. Karena itu, Tehbotol Sosro sangat menantikan kolaborasinya dengan para kreator muda yang memiliki ide orisinil dan kreatif, untuk memberikan karya asli yang terbaik.

“Ini adalah sebuah kolaborasi yang saling memberi manfaat. Kami dan para pencipta, inovator, dan wirausahawan muda dapat saling belajar dan saling mengisi. Dengan menyatukan pengalaman Tehbotol Sosro yang memiliki sejarah yang panjang dan cara berpikir anak muda yang inovatif, kami berharap Tehbotol Sosro dan merek-merek lokal dapat memberikan hasil kolaborasi yang dapat kita banggakan, setara atau bahkan lebih baik dari produk berstandar global.”

“Didukung oleh kerja keras dan ketekunan, kami percaya bahwa merek-merek lokal ini dapat menjadi ikon Indonesia berikutnya. Kami percaya pada potensi para kreator, inovator, dan wirausahawan muda lokal dalam menciptakan merek yang kuat, berkelanjutan, dan sukses untuk Indonesia dan masyarakatnya,” pungkasnya. (Ant/A-1)

BERITA TERKAIT