05 December 2019, 14:06 WIB

Sinergi BUMN-KUKM, Erick dan Teten Bicara Pengelolaan Sarinah


Faustinus Nua | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Teten Masduki untuk membicarakan sinergi kedua kementerian.

Ditemui di komplek Kementerian BUMN usai pertemuan, Teten mengungkapkan keduanya membahas sinergi terkait pengelolaan Sarinah.

"Nanti Sarinah ini, sesuai arahan Pak Presiden akan jadi semacam showroom produk UMKM, all Indonesia product, local brand. Jadi membicarakan itu," kata Teten di Jakarta, Kamis (5/12).

Teten membeberkan kordinasi keduanya untuk memanfaatkan Sarinah sebagai tempat promosi bagi produk-produk UMKM. Sejauh ini, lanjutnya, memang sudah banyak produk lokal yang dipasarkan di Sarinah dan akan lebih ditingkatkan lagi. Sehingga BUMN tersebut benar-benar menjadi tempat khusus bagi produk Tanah Air.

"Tapi nanti itu 100% produk lokal yang akan dijual di sana. Konsepnya ritel atau dititipi gitu itu nanti masih dikaji," tuturnya.

Baca juga: Pembeli Korea Selatan Tertarik Impor Produk Sarinah Home

Menurutnya, Sarinah akan menjadi tempat khusus bagi produk Indonesia. Konsep bisnisnya pun akan berubah dengan tidak menjual produk umum mengingat ada beberapa mal lain yang menjual produk umum bahkan produk impor.

"Masa di sekitar situ ada GI, ada Plaza Indonesia lalu Sarinah apa bedanya. Kan pasti kalah dari segi bisnis," ungkapnya.

"Kami punya prioritas mempromosikan produk-produk UMKM dan Sarinah akan dijadikan satu center untuk seluruh produk UMKM".

Di sisi lain, dengan mengkhususkan pada produk lokal hal itu akan memudahkan tamu negara dan para wisatawan asing yang datang ke ibu kota negara. Begitu pula dengan inovasi terkait digitalisasi produk, lanjutnya akan dikembangkan segingga bisa terintegrasi dengan produk luring.(OL-5)

BERITA TERKAIT