08 July 2019, 21:57 WIB

DJP Tambah Direktorat, Hasil Pajak E-Commerce Diharapkan Naik


Atalya Puspa | Ekonomi

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan dua direktorat baru dalam struktur Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dua direktorat baru tersebut yakni Direktorat Data dan Informasi Perpajakan serta Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Menkeu menegaskan, dibentuknya dua direktorat baru dalam badan DJP tersebut diharapkan dapat memperkuat sistem informasi dalam DJP untuk menarik pajak yang berasal dari pelaku ekonomi digital atau e-commerce.

"Di era digital dan meningkatnya ecimmerce, ini memungkinkan kita mendapatkan link data dari pelaku ekonomi secara lebih langsung," kata Sri di Kantor DJP, Jakarta Selatan, Senin (8/7).

Baca juga : Danain Peduli Keamanan Data Nasabah

Ia menjelaskan, membangun sistem dalam sebuah institusi keuangan pada era digital bukanlah satu hal yang mudah. Menurut Menkeu, pihaknya telah melihat berbagai negara mengembangkan sistem dalam institusi keuangannya untuk dapat mengoptimalkan pendapatan negara.

Untuk itu, dirinya berharap berdirinya dua direktorat baru pada DJP dapat menjadi kekuatan tersendiri bagi Kemenkeu untuk membangun database terkait pemungutan pajak dari para wajib pajak.

"Melengkapi DJP jauh lebih baik, dan meningkatkan kinerja DJP," tukas Sri.

Untuk diketahui, pada kesempatan yang sama, Sri juga turut melantik sebanyak delapan pejabat eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Ditjen Perbedaharaan dan Badan Kebijakan Fiskal, serta 18  pejabat eselon III di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Direktorat Jenderal Pajak. (OL-7(

BERITA TERKAIT