25 November 2021, 05:00 WIB

Kebersamaan Memberi Arti


Mediaindonesia.com|Editorial MI

img

 

 

SUDAH hampir dua tahun warga dunia hidup dalam situasi pandemi covid-19. Sepanjang waktu itu pula ikhtiar dan perjuangan untuk menanggulangi krisis akibat penyebaran virus tersebut terus dilakukan. Tidak terkecuali di Indonesia yang dalam dua-tiga bulan terakhir mencatat progres penanganan yang positif.

Tanpa bermaksud mengesampingkan kewaspadaan terhadap kemungkinan munculnya gelombang ketiga penularan covid-19 di akhir tahun nanti, kita patut mengucap syukur atas capaian kita hari-hari ini. Kerja keras yang dilandasi spirit kebersamaan sesama warga negara yang tinggi menjadi salah satu kunci keberhasilan menurunkan angka covid-19.

Mungkin terdengar klise, tetapi faktanya kebersamaan betul-betul menjadi modal sekaligus kekuatan sosial yang membuat Indonesia mampu mengatasi pandemi sejauh ini. Tak ada satu pihak pun pantas mengeklaim bahwa angka maupun tren penularan covid-19 yang menurun saat ini ialah berkat mereka sendiri, termasuk pemerintah.

Kita semua punya andil, semua elemen bangsa punya kontribusi. Sebutlah misalnya sinergi dalam hal percepatan dan pemerataan vaksinasi, kekompakan warga untuk secara kontinu menerapkan protokol kesehatan, juga bahu-membahu di antara para relawan, tenaga kesehatan, aparat pemerintah dan TNI/Polri, serta masyarakat dalam pengendalian pandemi.

Semua itu adalah bukti bahwa kita masih punya kekuatan bernama kebersamaan yang membuat bangsa ini kuat dan tidak mudah terpuruk. Kebersamaan atau bisa diartikan juga sebagai keterlibatan pentahelix dari unsur pemerintah, swasta, perguruan tinggi, masyarakat, dan media massa menjadi faktor amat penting dalam menghadapi bencana alam maupun nonalam seperti pandemi covid-19.

Karena itu, sungguh tepat bila Metro TV berinisiatif mengambil saripati dari spirit kebersamaan itu sebagai tema perayaan hari ulang tahun mereka yang ke-21, hari ini. Sebagai media massa, Metro TV adalah bagian tak terpisahkan dari pentahelix kebersamaan itu. Pada saat yang sama, Metro TV pun dituntut terus menggelorakan kebersamaan itu.

Dengan tema Kebersamaan memberi arti, Metro TV sepenuhnya sadar bahwa apresiasi patut diberikan untuk kebersamaan yang kian bertumbuh di tengah masyarakat, sekaligus mengunggah semangat tersebut untuk menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang lagi. Atas nama kebersamaan pula, tak sepatutnya kita mengunggulkan egoisme yang pada gilirannya justru akan melunturkan kekompakan.

Satu hal yang mesti disadari, pandemi dengan seluruh dinamikanya belumlah usai. Ancaman masih mengintai jika kita membiarkan kelengahan dan menutup kewaspadaan. Di depan mata ada perayaan Natal dan Tahun Baru, yang bila tidak dikendalikan, amat mungkin berpotensi menciptakan gelombang ketiga covid-19.

Kebersamaan, lagi-lagi, kita yakini akan menjadi kunci untuk mencegah gelombang ketiga tersebut betul-betul terjadi. Kekompakan seluruh komponen bangsa akan mengambil peran penting agar ancaman itu dapat diredam.

Bagaimana praksisnya? Tentang rencana penerapan PPKM level 3 di penghujung tahun, misalnya, kita berpendapat kiranya masyarakat tak perlu ragu mendukungnya demi menghindari atau setidaknya meminimalisasi ancaman itu. Eksekusi aturan akan jauh lebih mudah bila publik mendukung.

Spirit-spirit positif seperti inilah yang mesti ditularkan Metro TV melalui tema perayaan ulang tahunnya tentang arti kebersamaan. Dengan usianya yang sudah menginjak dewasa dan sebagai stasiun televisi berita pertama di Indonesia, tidak berlebihan kiranya bila Metro TV dapat mengambil peran penting itu demi Indonesia yang lebih baik melalui kolaborasi dan kebersamaan.

BACA JUGA
BERITA LAINNYA