Indonesia Tuan Rumah Sepak Bola Wanita Piala Asia U-17 2022


Penulis: Widhoroso - 08 April 2021, 19:30 WIB
DOK MI

KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) telah menetapkan Indonesia sebagaui tuan rumah kejuaraan sepak bola wanita Piala Asia U-17 2022. Berdasarkan jadwal yang sudah disusun AFC saat ini, event tersebut ditargetkan digelar pada 9-22 Mei 2022. Meski menjadi tuan rumah, Indonesia harus tetap mengikuti ajang kualifikasi.

Keputusan akan hal tersebut lahir setelah anggota eksekutif dari AFC mengadakan pertemuan di Manama, Bahrain, Rabu (7/4). Rapat tersebut dipimpin langsung Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

Selain menetapkan bahwa Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia U-17 2022, AFC juga memilih Uzbekistan untuk jadi tuan rumah Piala Asia U-20 Wanita 2022.

"Komite Eksekutif AFC memutuskan untuk menunjuk hak penyelenggaraan Piala Asia Wanita U-20 2022 kepada Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan yang akan digelar pada 4-17 April 2022. Untuk gelaran Piala Asia Wanita U 17 2022 akan diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Indonesia pada 9-22 Mei 2022," jelas AFC.

Sepak bola wanita masih sangat tertinggal di Indonesia namun perlahan PSSI berusaha untuk menumbuhkan semangat Pertiwi dengan berbagai program yang mereka jalankan. Timnas wanita juga baru saja menyelesaikan pemusatan latihan (TC), pada akhir Maret lalu.

Selain timnas wanita yang mulai beraktivitas, PSSI juga menggelar program kursus lisensi C Diploma khusus wanita. Program ini guna mendorong keberadaan sosok wanita di area sepakbola, yang selama ini identik dengan peran pria.

"PSSI terus berkomitmen untuk memajukan sepakbola di Indonesia. Sektor pengembangan, dalam hal ini kursus pelatih dan sepakbola wanita menjadi salah satu fokus saya saat terpilih menjadi Ketua Umum PSSI," ucap Mochamad Iriawan, ketua umum PSSI, terkait program tersebut. (Goal/OL-15)