Pirlo Akui Banyak Lakukan Kesalahan


Penulis: Widhoroso - 08 April 2021, 19:03 WIB
AFP/Marco Bertorello

ANDREA Pirlo mengakui dirinya telah melakukan banyak kesalahan dalam musim pertamanya sebagai pelatih Juventus. Namun ia menegaskan akan mengulanginya karena itu semua adalah bagian dari proses pembelajarannya.

Pirlo sukses mengantar Juventus meraih kemenangan krusial pada lanjutan Serie A, Kamis (8/4) dengan mengalahkan Napoli 2-1. Kemenangan itu membawa Juventus naik ke posisi ketiga klasemen sementara.

Sebenarnya ekspektasi besar dibebankan kepada Bianconeri musim ini. Tapi yang terjadi adalah kegagalan, selain tersingkir lebih awali di fase 16 besar Liga Champions, mereka juga sudah hampir dipastikan gagak mempertahankan Scudetto Serie A.

"Saya membuat banyak kesalahan, tapi saya akan mengulangi semuanya. Ini musim pertama saya, saya membutuhkan pengalaman itu untuk sekarang ini dan masa depan," jelasnya.

"Kampanye kali ini adalah yang lebih rumit tidak hanya untuk saya, tapi juga untuk banyak pelatih lain. Semua orang membuat kesalahan, termasuk saya, tapi saya bisa belajar dari itu dan tidak mengulanginya lagi di masa depan," imbuh Pirlo.

Pirlo menngaku saat ini target Juventus adalah finis empat besar di Serie A. "Ada 10 pertandingan lagi, ini adalah musim mini yang semoga bisa kami menangkan dan kemudian bersiap untuk Coppa Italia," ungkapnya.

Ditanya apakah penyesalan terbesarnya adalah kegagalan di Liga Champions atau Serie A, Pirlo menjawab: "Jelas keduanya, seperti ketika Anda berada di Juventus, Anda tidak memilih target, Anda harus mendapatkan semuanya. Kami memiliki peluang untuk melaju di Liga Champions, karena Porto berada di level kami, namun kami tidak bermain dengan cara yang benar," jelas mantana opemain Juventus dan Inter Milan tersebut.

Penunjukkan Pirlo sebagai pelatih menggantikan Maurizio Sarri yang sukses mempersembahkan Scudetto musim lalu dinilai cukup mengejutkan. Pasalnya eks gelandang Italia itu belum punya pengalaman melatih klub mana pun. (Goal/OL-15)