Felix Sebut Olimpiade Tokyo Sebagai yang Terakhir


Penulis: Rifaldi Putra Irianto - 08 April 2021, 11:39 WIB
AFP/Oli SCARFF

PELARI putri Amerika Serikat (AS) Allyson Felix mengatakan Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi Olimpiade terakhir bagi dirinya meski ia belum menetapkan tanggal pasti dirinya pensiun.

Pelari berusia 35 tahun yang telah meraih enam medali emas Olimpiade itu mengatakan dia mungkin dapat tetap mengikuti sejumlah kejuaraan setelah Olimpiade namun tidak akan mengikuti Olimpiade Paris 2024.

"Saya memang merencanakan ini menjadi Olimpiade terakhir saya," kata Felix di KTT media virtual Komite Paralimpiade dan Olimpiade AS, dilansir dari AFP, Kamis (8/4) WIB.

Baca juga: PB PON XX 2021 Gelar Chef de Mission Meeting II

"Saya tidak tahu berapa lama lagi pada tahun ini saya akan berlari. Saya hanya akan mengambilnya sejauh mungkin. Saya tidak yakin akan kembali berlari di Olimpiade setelah Olimpiade Tokyo namun Olimpiade Tokyo bukan yang terakhir," tuturnya.

Olimpiade Tokyo merupakan Olimpiade kelima untuk Felix setelah tampil pertama di Olimpiade Athena 2004, tempat dia memenangkan medali perak di nomor lari 200 meter.

Di Olimpiade Rio de Janeiro, 2016 lalu, Felix memenangkan medali perak di nomor 400 meter dan medali emas di nomor estafet 4x100 meter dan 4x400 meter.

Telah sukses berkarier di sejumlah nomor, Felix mengatakan dia berencana fokus pada nomor 200 meter dan 400 meter di Olimpiade Tokyo, Juli nanti.

Pembatasan dan penguncian di kampung halamannya di Los Angeles membuat latihan Felix menuju Olimpiade Tokyo menjadi tantangan.

"Ini menjadi tantangan yang konstan selama ini. Saya telah berlatih di jalan, di pantai, kami telah berlatih di mana-mana. Tetapi pengalaman paling gila adalah saya berlatih di lingkungan rumah saya," tukasnya. (AFP/OL-1)