Doping, Iannone Diskors 18 Bulan


Penulis: Kautsar Halim - 02 April 2020, 05:35 WIB
AFP/Mohd RASFAN

PEMBALAP MotoGP Andrea Iannone diskors Federasi Balap Motor Internasional (FIM) selama 18 bulan. Itu terjadi karena kasus doping yang menimpanya pada akhir November lalu atau menjelang MotoGP Malaysia 2019.

Sejatinya, larangan beraktivitas di segala kegiatan balap motor sudah diberlakukan untuk Iannone sejak 17 Desember 2019. Tapi keputusan masa sanksinya baru diketahui lewat persidangan Pengadilan Disiplin Internasional FIM (CDI) di Mies, Swiss, Selasa (31/3) waktu setempat.

Berdasarkan keputusan CDI, Iannone positif mengonsumsi steroid atau zat terlarang Badan Antidoping Dunia (WADA).

Baca juga: FIA Larang Sistem Kemudi DAS Mercedes Musim 2021

Pembalap tim Aprilia itu bisa mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), tapi dalam tempo 21 hari setelah munculnya keputusan CDI.

Iannone juga disebutkan didiskualifikasi untuk MotoGP Malaysia dan Valencia pada November tahun lalu. Semua hasil dari dua balapan tersebut, termasuk medali, poin, dan hadiah akan ditarik kembali atau tidak berlaku.

"Berdasarkan sidang pada 31 Maret, Pengadilan Disiplin Internasional (CDI) FIM menjatuhkan skors selama 18 bulan untuk pembalap Italia Andrea Iannone. Hukumannya berlaku sejak 17 Desember 2019 dan akan berakhir 16 Juni 2021," tulis pernyataan FIM.

Dengan adanya hukuman itu, artinya Iannone tidak akan berpartisipasi pada MotoGP 2020 hingga seri pembuka musim 2021. Situasi ini cukup membahayakan bagi masa depan Iannone yang kontraknya bersama Aprilia bakal berakhir pada akhir musim 2020. (OL-1)