Pekan Ini Tokyo akan Umumkan Jadwal Baru Olimpiade


Penulis: Deden Muhammad Rojani - 30 March 2020, 18:01 WIB
AFP/Philip Fong

JADWAL pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 pada tahun depan diperkirakan akan segera diumumkan pekan ini. Ketua Panitia Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo (Topogoc) Yoshiro Mori meberikan petunjuk bahwa pelaksanaan Olimpiade Tokyo kemungkinan diselenggarakan akhir Juli 2021.

“Tidak ada perubahan besar. Artinya masih akan tetap berlangsung pada musim panas. Waktunya kemungkinan besar di antara Juni dan September,” ucap Mori.

Mori mengatakan penyelenggara masih menimbang pro dan kontra dari penyelenggaraan pada musim panas atau musim semi, ia mengharapkan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk segera memutuskan.

"Saya pikir mungkin akan ada semacam komunikasi dari (IOC) Presiden (Thomas) Bach minggu ini," kata Mori.

Olimpiade Tokyo 2020 sebelumnya dijadwalkan dibuka pada 24 Juli memdatang dan berlangsung selama 16 hari, tetapi pandemi Covid-19 memaksa olimpiade itu ditunda.

Baca juga : Olimpiade Tokyo Dijadwalkan Digelar 23 Juli 2021

Setelah ditunda, muncul sejumlah spekulasi yang menyebut Olimpiade Tokyo digelar pada musim semi. Hal itu berkaitan dengan cuaca panas di Tokyo. Karena faktor cuaca itulah, nomor maraton pada cabang olahraga atletik sebelumnya dijadwalkan digelar di Sapporo yang lebih sejuk.

Meski demikian, karena persiapan penundaan yang membutuhkan waktu, kantor berita NHK menyebut Olimpiade Tokyo kemungkinan digelar pada 23 Juli.

Tokyo 2020 juga telah menghitung beban biaya yang perlu ditanggung Jepang untuk penyelenggaraan tahun depan, yaitu sebesar US$12,6 miliar,

Pemerintah Jepang juga akan menambahkan tema pada Olimpiade Tokyo yang sebelumnya mengusung tema pemulihan karena bencana alam di Jepang, Olimpiade tahun depan juga akan mengusung tema kemenangan umat manusia melawan virus korona.

"Kami memulai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Mori.

"Tapi saya percaya itu adalah misi panitia penyelenggara Tokyo 2020 untuk mengadakan Olimpiade dan Paralimpiade tahun depan sebagai bukti kemenangan umat manusia melawan virus," pungkasnya. (AFP/OL-7))