Indonesia Marathon 2020 Jadi Ajang Promosi PON Papua


Penulis: Akmal Fauzi - 27 February 2020, 20:05 WIB
MI/Akmal Fauzi

KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menggelar Indonesia Marathon sebanyak lima edisi, yakni mulai 2020 hingga 2024.

Lomba lari jarak jauh yang dimulai di Jakarta pada Agustus mendatang, menjadi ajang promosi Pekan Olahraha Nasional (PON) XX Papua.

"Tentu kami akan jadikan ajang promisi PON. Di setiap event besar seperti ini akan dimanfaatkan untuk (promosi) PON," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, saat membuka launching Indonesia Marathon 2020 di Jakarta, Kamis (27/2).

Ajang tersebut diyakini menarik 10 ribu peserta, baik dalam negeri maupun luar negeri. Melalui konsep sports tourism, lanut Zainudin, ajang ini dapat menarik minat wisatawan.

Baca juga: Kemenpora : Sukses PON Papua Tugas Bersama

"Terima kasih KONI telah menyelenggarakan event besar ini untuk jadi daya tarik wisatawan. Kemenpora akan mendukung apa yang dibutuhkan," pungkasnya.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengatakan Indonesia Marathon 2020 masuk dalam agenda promosi destinasi wisata di Indonesia. "Ini merupakan titik awal untuk ke depannya, marathon di Indonesia dapat sejajar, seperti Chicago Marathon atau Tokyo Marathon," ujar Marciano.

Selain Jakarta, Indonesia Marathon akan digelar di Lombok, Belitung, Medan dan Banyuwangi, untuk periode selanjutnya. Panitia Indonesia Marathon akan memberikan hadiah miliaran rupiah bagi pemenang di empat nomor yang dilombakan, yaitu marathon, Half-marathon, 10K, dan 5K.

Bagi peserta yang mampu memecahkan rekor nasional milik atlet lari jarak jauh era 1980-an, Eduardus Nabunome dengan capaian 2 jam 9 detik di nomor marathon, panitia akan memberikan hadiah khusus sebesar Rp 1 miliar.(OL-11)