Rajko Toroman: Kami Bermain Tanpa Skuad Terbaik


Penulis: Yakub Pryatama Wijayaatmaja - 20 February 2020, 23:35 WIB
MI/ Pius Erlangga

PELATIH Timnas basket Indonesia, Rajko Toroman mengakui keunggulan lawannya Korea Selatan usai timnya dikalahkan 109-76 dalam laga Grup A babak kualifikasi Piala FIBA Asia 2020, di Mahaka Arena, Kamis (23/2).

Pelatih asal Serbia pun cukup menyesali keputusan yang menyatakan dua pemain naturalisasinya Brandon Jawato, Lester Prosper tak bisa bertanding di windows pertama kualifikasi.

"Kami bermain tanpa skuat yang terbaik, dan kami lawan salah satu tim terbaik Asia yang sudah banyak meraih medali emas, bahkan masuk Piala Dunia," ucap Toroman usai laga.

 

Baca juga: Derrick Michael dapat Sambutan Meriah di Laga Debut

 

"Hari ini kami bermain tanpa Prosper dan Jawato. Padahal 1,5 bulan terakhir, kami diperkuat mereka berdua, dan keduanya sangat membantu tim," sesal Toroman.

Toroman sangat menyayangkan baru mengetahui bakal bermain tanpa dua naturalisasinya di dua hari jelang laga.

"Hal itu sangat menyakiti kami," tutur Toroman.

Namun, Toroman mengapresiasi skuadnya yang bermain bagus di kuarter pertama. Sayangnya, di kuarter berikutnya hingga akhir Abraham Damar Grahita dan kolega harus mengakui kehebatan Korea.

"Itulah masalahnya, tanpa Jawato dan Prosper kami tak memiliki pemain yang bisa menyelesaikan masalah. Guard kami ingin mencetak angka dengan cara penetrasi, tapi itu gagal," ujar Toroman.

Kans Indonesia untuk neraul poin dari dalam pun semakin menipis. Pasukannya juga tak bisa berbuat banyam di paint area.

"Kami hanya punya tiga pemain Kevin Sitorus, Vincent Rivaldi dan Muhammad Haridan Wicaksono. Khusus Wicak, bahkan dia itu tipe pemain nomor 4, bukan big man," tuturnya.

Tim Merah-Putih sebelumnya bertemu dengan Korea Selatan di Asian Games 2018. Tim Merah-Putih kalah 39 poin dari Korea Selatan. Padahal waktu itu, Korea Selatan diperkuat Ricardo Ratliffe. Sementara Indonesia juga memainkan pebasket naturalisasi Jamarr Johnson.

Di laga kedua, Indonesia akan menghadapi Filipina. Laga tersebut akan berlangsung Minggu (23/2) di Britama Arena. (OL-8)