Para Unggulan belum Temui Hambatan


Penulis: MI - 23 January 2020, 00:30 WIB
AFP

BABAK kedua grand slam Australia Terbuka 2020, kemarin, tidak memunculkan kejutan. Para petenis unggulan tunggal putra dan putri tanpa banyak kesulitan melangkah ke babak ketiga setelah menumbangkan lawan masing-masing.

Di tunggal putra, unggulan kedua Novak Djokovic dan unggulan tiga Roger Federer mampu meraih kemenangan straight set. Sementara itu, unggulan utama, Rafael Nadal, baru akan memainkan laga babak kedua hari ini melawan petenis Argentina Federico Delbonis.

Djokovic, 32, tanpa banyak kesulitan menundukkan petenis Jepang Tatsuma Ito 6-1, 6-4, 6-2 dalam waktu 95 menit. Petenis Serbia yang tahun lalu memenangi gelar Australia Terbuka yang ketujuh kali, selanjutnya akan menghadapi petenis Jepang lainnya, Yoshihito Nishioka.

Meski menang mudah, Djoko­vic sempat mengeluh dengan cuaca di Melbourne. Juara Wimbledon 2019 itu sempat direpotkan dengan kondisi angin yang sulit ditebak.

“Kondisi lapangan sangat berat, berangin, dan sulit mengetahui arah bola. Servis saya kerap menyelamatkan saya,” kata Djokovic.

Di laga lain, Federer lolos dari hadangan petenis Serbia Filip Krajinovic 6-1, 6-4, 6-1 dan menjaga asa merebut gelar ketujuh di Australia Terbuka. Di babak keempat, peraih 20 gelar grand slam itu akan ditantang petenis tuan rumah, John Millman.

Di tunggal putri, unggulan utama asal Australia, Ashleigh Barty, serta unggulan tiga yang juga juara bertahan, Naomi Osaka, mampu meraih kemenangan dua set atas lawan-lawannya.
Menghadapi petenis Slovenia Polona Hercog, Barty meraih kemenangan 6-1, 6-4 dalam waktu 66 menit dan akan menghadapi petenis muda Rusia, Elena Rybakina, di babak selanjutnya.

Sementara itu, Osaka menyingkirkan petenis Tiongkok Zheng Saisai 6-2, 6-4. Kemenangan dua set itu membuat Osaka belum kehilangan satu set pun dari dua laganya di Australia Terbuka.

Osaka akan ditantang bintang muda asal Anmerika Serikat Coco Gauff di babak ketiga. Gauff, yang menyingkirkan Venus Williams di babak pertama, lolos ke babak ketiga setelah menundukkan petenis Rumania Sorana Cirstea 4-6, 6-3, 7-5.

Pada pertemuan terakhir dengan Osaka, Gauff kalah 3-6, 0-6 di babak ketiga Amerika Serikat 2019. “Osaka pesaing yang hebat. Ini akan menjadi pertandingan yang bagus,” kata Gauff. (AFP/Mal/R-1)